Analisa Perbandingan Kinerja Akses Internet Untuk Kartu Prabayar Operator Gsm Simpati, Indosat Dan Xl Area Bogor

Dewi Leyla Rahmah, Een Juhriah, Dian Nazelliana

Sari

Perkembangan teknologi seluler di era globalisasi ini memacu pertumbuhan pada jaringan seluler dan semakin banyak    persaingan    bisnis    perusahaan jaringan seluler yang ada di Indonesia.  Pada saat ini di Indonesia terdapat 6 operator Telekomunikasi GSM (Global System for Mobile Communication) yang menyediakan produk kartu seluler yang memiliki layanan hamper sama. Hal ini menggambarkan persaingan di pasar kartu seluler GSM sangat ketat. Perkembangan teknologi terkini cenderung membuat layanan multimedia secara online dan realtime. Begitu pula dengan perkembangan jaringan nirkabel layanan komunikasi bergerak dengan teknologi (GPRS/EDGE/HSPDA/4G). Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi ini tak luput didukung oleh fasilitas berupa mobile phone yang semakin canggih dengan Internet Operating System yang mumpuni, dimana tepelon seluler ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi pendukungnya. Aktivitas berinternet seperti chatting, email, download,upload,browsing semakin leluasa dan dapat dilakukan dimana saja. Sebuah operator penyedia layanan komunikasi yang baik seharusnya mampu bekerja dengan maksimal dan tentunya dapat membantu pengguna dalam menggunakan layanan internet. Hasil yang diperoleh dari penelitian dengan membandingkan kecepatan akses 3 operator Simpati, Xl, dan Indosat Ooredoo. Operator Simpati lebih unggul dengan nilai ping terendah yaitu 20ms pada aktivitas kegiatan Search Engine menggunakan Google Chrome. Untuk nilai Download tertinggi juga dimiliki oleh operator Simpati dengan nilai 10,94Mbps pada aktivitas kegiatan Chatiing dengan menggunakan Telegram Web. Untuk Untuk Uploading tertinggi dengan nilai 24,1 Mbps terdapat pada aktivitas kegiatan Chatting dengan Telegram Web dimiliki oleh operator XL.

Kata kunci:Teknologi GSM, Teknologi Wireless, Komunikasi Data, Kinerja Akses Internet

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Oetomo, Dharma, Budi, Sutejo, e-Education : Konsep Teknologi dan Aplikasi Pendidikan, Yogyakarta:Andi,2002.

Shidarta, Lani, Internet Informasi Bebas Hambatan, Jakarta:PT. Elex Media Komputindo, 1996.

Wiryana, I Made dan Windiaparna Ramelan, Pengantar Internet, jakarta : Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma, 1998.

http://www.wikipedia.Elektron Indonesia.com/Elektron/no-3b. html-11k, diakses pada:1/5/2018, jam 20.04WIB.

http://www.Pustekkom go.id/teknodik/t7/7=11 html, Internet Sbagai Sumber Belajar Anak dan Keluarga, diakses pada :1/5/2018, jam 22.12 WIB.

https://oltikblog.wordpress.com/bab-3/ diakses pada 2/5/2018 jam 21.43 WIB.

https://bapenda.jabarprov.go.id/2016/11/04/perkembangan-teknologi-nirkabel/ diakses pada 5/5/2018, jam 13.20 WIB.

https://id.wikipedia.org/wiki/Telekom_Indonesia, diakses pada 20/5/2018, jam 20.05 WIB

http://indosatooredoo.com/id/about-indosat/company-profile/history

https://id.wikipedia.org/wiki/XL_Axiata

https://www.xl.co.id/id/about-us 15.13 WIB

https://indosatooredoo.com/id/personal/freedom-internet-plus

https://www.telkomsel.com/paket-internet-simpati

https://www.droidlime.com/artikel/daftar-harga-paket-internet-xl-terbaru-2017.html

https://www.telkomsel.com/registrasiprabayar

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.