Penggunaan Media Komik Fisika Melalui Model Kooperatif Tipe Cooperative Scrip Dan Tipe Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak
Sari
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi penggunaan komik fisika melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Scrip dan tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan berpikir abstrak siswa. Desain penelitian menggunakan eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMAN 1 Wungu. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluser random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I menggunakan Cooperative Script dan eksperimen II menggunakan Think Pair Share (TPS). Teknik uji instrumen soal kognitif dan soal kemampuan berfikir abstrak pada penelitian ini meliputi validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik pengambilan data hasil kemampuan berpikir abstrak dan prestasi belajar menggunakan soal pilihan ganda. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif dan inferensial menggunakan anava dua sel tak sama. Uji lanjut anava menggunakan uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan pengaruh model Cooperative Script dan model Think Pair Share menggunakan media komik terhadap prestasi belajar fisika; 2) ada perbedaan pengaruh kemampuan berfikir abstrak tinggi dan rendah dengan model Cooperative Script dan Think Pair Share menggunakan media komik terhadap prestasi belajar fisika 3) tidak ada interaksi model Cooperative Script dan Think Pair Share menggunakan media komik dengan kemampuan berfikir abstrak terhadap prestasi belajar fisika.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script, tipeThink Pair Share (TPS), Prestasi Belajar, Kemampuan Berfikir Abstrak.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Jamal Ma’mur Asmani.2011. 7 Tips Aplikasi Pakem. Jogjakarta: Diva Press.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroreantasi Konstrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Terjemahan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: PT. Indeks.
Kusumawati, Dian. (2013). Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Ditijau dari Interaksi Sosial dan Sikap Ilmiah Siswa. Tesis Magister Pendidikan Sains UNS. Surakarta.
Yuniyanti,Endah. (2012). Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E – Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Tesis Magister Pendidikan Sains UNS. Surakarta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.