Pengembangan Modul Praktikum Fisika Dasar Berbasis Inquiry Leraning Tipe Terbimbing untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika

Dandan Luhur Saraswati

Sari


Pengalaman secara langsung dapat diperoleh mahasiswa ketika melaksanakan praktikum. Melalui praktikum mahasiswa diharapkan dapat mengamati proses-proses fisika sehingga pemahaman akan konsep-konsep fisika menjadi lebih mudah, dan akibatnya konsep-konsep tersebut akan lebih lama diingat, lebih lama tersimpan dalam ingatan dan tidak mudah terlupakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul praktikum fisika dasar berbasi inquiry learning tipe terbimbing untuk mahasiswa pendidikan matematika. Metode Penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model 4D yaitu define, design, develop, dan dessimenate. Hanya saja pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap develop. Kelayakan modul praktikum fisika dasar berbasis inquiry learning tipe terbimbing menyatakan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan dengan nilai 77,9% yang memiliki kriteria baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Prosiding The 5th International Conference on Indonesia Studies : “Ethnicity and Globalization,” 362–371.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendeka­tan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515

Deta, U. A., Suparmi, & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 28–34. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2577

Dewi, N. L., Nyoman, D., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas , Motivasi Dan Hasil Belajar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3.

Dharma, A. (2010). Peran sains dan teknologi dalam percepatan pembangunan. (November), 1–9.

Ekayani, N. L. P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. (March). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315105651

Kurniawan, A. D. (2013). Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503

Putra, I. Y., Dasmo, D., Saraswati, D. L., Astuti, I. A. D., Nurullaeli, N., Bhakti, Y. B., & Rangka, I. B. (2019). Developing of physics practical module based on scientific method for students. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052028

Putra, Indra Yahdi, Sigalingging, S. F., & Saraswati, D. L. (2018). Penentuan ketinggian dan kecepatan minimum benda pada track melingkar vertikal. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(1), 46. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.8561

Putri, D. A., & Saraswati, D. L. (2018). Architecture of Atwood Machine Props with Sensor-based Passive Infrared. Indonesian Review of Physics, 1(M), 15–18.

Rohman, F., & Lusiyana, A. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Sebagai Asesmen Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Sosial Mahasiswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.115

Saraswati, D. L., Azizah, R. N., Dasmo, D., Okyranida, I. Y., Sumarni, R. A., Mulyaningsih, N. N., & Rangka, I. B. (2018). Development of web-based and e-learning media for physics learning materials in senior high school: A pilot study. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012025

Wulaningsih. (2012). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yanti, Yuli, Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2020). Pengaruh Panjang Tali, Massa dan Diameter Bandul terhadap Periode dengan Variasi Sudut. STRING (SAtuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1), 6–10.

Yanti, Yuri, Masril, Hidayati, & Darvina, Y. (2019). Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika. Pillar of Physics Education, 12(1), 153–160.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.