Nilai Religius pada Novel Bukan Buku Nikah Karya Ria Ricis dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas

Ariyah Rana, Erna Megawati, Ahmad Khoiril Anam

Abstract


Salah satu novel dengan genre roman religius yang banyak dibaca oleh remaja saat ini adalah novel Bukan Buku Nikah karya Ria Ricis. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan nilai religius yang terdapat pada novel tersebut dan Implikasinya terhadap pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian analisis isi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai nilai religius pada novel Bukan Buku Nikah karya Ria Ricis terbagi menjadi tiga jenis berupa nilai religius akidah ditemukan 53 kutipan atau setara 25%; nilai religius akhlak 114 kutipan atau setara 53,77%; serta nilai religius ibadah 45 kutipan atau setara 21,23%. Dari data yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai religius akhlak 114 kutipan atau setara 53,77% yang artinya lebih dominan dibandingan dengan jenis nilai religius lainnya, hal tersebut disebabkan nilai religius akhlak sangat berperan penting dalam sebuah interaksi yang dilakukan oleh penulis dengan lingkungannya, khususnya pada dialog yang terdapat pada kutipan novel Bukan Buku Nikah karya Ria Ricis.


Keywords


Nilai Religius; Novel Bukan Buku Nikah; Akhlak; Akidah; Ibadah

Full Text:

PDF

References


Al Jumhuri, M. A. (2015). Belajar aqidah akhlak: Sebuah ulasan ringkas tentang asas tauhid dan akhlak islamiyah. Yogyakarta: Deepublish.

Fatimah, N. (2017). Nilai-nilai religius dalam novel “Bulan terbelah di langit Amerika” karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 39-54. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/82

Haslinda. (2019). Kajian apresiasi prosa fiksi berbasis kearifan lokal Makassar. Makassar: LPP Unismuh Makassar.

Koesoema, D. (2015). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh edisi revisi. Yogyakarta: PT Kanisius.

Malik, A., & Chusni, M. M. (2018). Pengantar statistika pendidikan: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Budi Utama.

Marzuki. (2012). Pendidikan karakter mahasiswa melalui pendidikan agama Islam di Perguruan Tinggi umum. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Moleong, L, J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan. (31 Agustus 2021). Indeks karakter siswa menurun: Refleksi pembelajaran masa pandemi. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswa-menurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2017). Kuantitatif, kualitatif, & penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.