Internalisasi Profil Pelajar Pancasila untuk Sekolah Dasar melalui Pendekatan Sastra Anak

Fahmi Hidayat, Cindy Marisa, Hilda Hilaliyah

Abstract


Penelitian ini berlatar dari banyaknya masalah yang muncul di dunia pendidikan jenjang pendidikan dasar yang membuat peserta didik jauh dari nilai-nilai Pancasila. Tentunya, sudah banyak cara dilakukan oleh guru untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik sekolah dasar, sayangnya sastra tidak menjadi pilihan utama. Padahal, eksistensi sastra tidak akan lepas dari kehidupan manusia sehari-hari.  Hal tersebut karena manusia dapat menjadi subjek sekaligus objek dalam sebuah sastra. Sastra tidak hanya sebatas pada sebuah tulisan di lembaran kertas saja, tetapi juga turut berperan penting dalam kehidupan manusia sejak dahulu kala. Melalui sastra, manusia dapat menyampaikan aspirasinya kepada orang lain, mulai dari masyarakat hingga pemerintah. Sastra anak dalam pendidikan sekolah dasar bisa dijadikan alternatif sebagai jawaban atas masalah pendidikan yang muncul, dan juga sebagai media internalisasi profil pelajar Pancasila yang diminta dalam kurikulum Merdeka. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian kajian pustaka sebagai bagian awal bagaimana sastra anak dengan penjelasan dan jenis karyanya mampu menjadi alternatif untuk menginternalisasi profil pelajar Pancasila untuk jenjang sekolah dasar. Dengan berbagai jenis dan penggolongan sastra anak, serta dengan ciri-ciri sastra anak tersebut, menjadi alternatif bagi para guru untuk menginternalisasikan profil pelajar Pancasila kepada peserta didik dengan menceritakan dan juga memberikan contoh-contoh jenis kara sastra anak yang kemudian disesuaikan dengan poin dari profil pelajar Pancasila

Keywords


Internalisasi; Profil Pelajar Pancasila; Sastra Anak

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/penerapan-profil-pelajar-pancasila

Freeman, Anderman, & Jensen. (2007). Sense of belonging in college freshmen at The Classroom and Campus Levels. The Journal of Experimental Education , 75 (3), 203- 220. https://www.jstor.org/stable/20157456

Damono, S.D. (1979).Sosiologi sastra: sebuah pengantar ringkas. Jakarta: Depdikbud.

Esten, M. (1978). Kesusastraan: Pengantar teori & sejarah. Bandung: Angkasa.

Kosasih. (2012). Dasar-dasar keterampilan bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Disastra, S. (2003). Senja di Nusantara. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Krisandi A.D.S., dkk. (2018). Sastra anak: Media pembelajaran bahasa anak. Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia.

Satria, R., dkk. (2022). Panduan penguatan profil pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Humaniora, Vol. 16 (No.2), 107-122. https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/811

Endraswara S. (2005). Metode dan teori pengajaran sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Tarigan, H.G. (1995). Dasar-dasar psikosastra. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.