Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Daring Selama Masa Pandemi
Abstract
Selama masa pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring untuk semua mata kuliah termasuk Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui observasi terhadap 30 orang mahasiswa dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran Bahasa Indonesia yang mereka lakukan secara daring selama ini. Observasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan secara online melalui sarana Google Forms. Hasil yang diperoleh dari observasi yaitu 70% responden berpendapat bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia secara daring tidak efektif yang dikarenakan banyak faktor seperti perangkat dan jaringan internet. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia disarankan dilakukan secara tatap muka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baety, D. N. dan Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Edukatif- Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Tahun 2021 Halm 880-889. Research & Learning in Education https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Gespang, F. dan Irwan. (2021). Pengaruh antara Media Pembelajaran Selama Pandemic Covid 19 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP YPPK Biak Kota. Kopi Susu, Jurnal Komunikasi, Politik & Sosial.Vol.3, no 1. Maret 2021, hlm.1-12.
Kustriyono, E. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid -19 di Univesitas Pekalongan (Hambatan dan Solusi di Tengah Pandemi). Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip ISBN: 978-602-6779-47-2
Muliadi, A., Mirawati, B., dan Jannah, H.. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol.5, No.2 Maret 2021. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index p-ISSN: 2598-9944 e- ISSN: 2656-6753
Ratnawati, Ni Kd Mega., Utama, IDG Budi, Dewantara, I Pt Mas. (2007). Pemanfaatan E-Learning Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, Vol.9, No.1, Februari 2019. P-ISSN: 2614-4743 (cetak) dan e-ISSN: 2614-2007 (online)
DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.