Keberlanjutan Iptek di Bidang Pendidikan di Era Pandemi Covid 19 dan Endemi Covid-19

Ernalem Bangun

Abstract


Ilmu pengetahuan dan teknologi hadir sebagai upaya manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjalani kehidupannya. Pandemi COVID-19 yang muncul di Indonesia pada awal tahuin 2020 mengharuskan masyarakatnya untuk hidup dengan menjaga jarak, karena penuaran virus tersebut dimungkinkan melalui kedekatan secara fisik. Kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak sosial untuk menjaga kesehatan masyarakatnya, berdampak  pada bidang ekonomi, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dll.  Pemanfaatan teknologi merupakan terobosan untuk kegiatan belajar mengajar. Berbagai teknologi muncul untuk mengakomodasi berbagai aktivitas pembelajaran. Dengan kemampuan adaptasi yang tinggi masyarakat Indonesia bisa melaluinya dengan baik. Kini penyebaran Pandemi COVID-19 sudah menurun, bahkan mengarah pada endemi. Dengan metode penelitian dokumentasi dan wawancara, kami melakukan penelitian tentang pemanfaatan Iptek di era Pandemi COVID-19 dan  keberlanjutannya di era Endemi 19. Ternyata pemanfaatan teknologi di era pandemi COVID-19 tetap dapat melengkapi dan menyempurnakan pekerjaan para pendidik setelah melakukan pembelajaran dengan tatap muka. Sebaliknya keberadaan guru juga menyempurnakan kelemahan iptek yang bersifat noninisiatif, tidak punya rasa dan tidak memiliki makna sentuhan.

Keywords


Iptek, Keberlanjutan; Pandemi Covid 19; Endemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Berty, T.T.S & Yulianingsih, T. (2020). Media Sosial Jadi Teman Selama Ramadan di Tengah Pandemi Corona COVID-19. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/ramadan/read/4257616/media-sosial-jadi-temanselama-ramadan-di-tengah-pandemi-corona-covid-19

Bryan, Volchenkova, K. (2016). Blended Learning: Definition, Models, Implications for Higher Education. Education Sciences, 8(2), 24–30. https://doi.org/10.14529/ped160204

Center for Disease Control and Prevention. (2021). Basics of COVID-19. Diakses pada 23 September 2021, dari https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/your-health/about-covid-19/basics-covid-19.html

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 1–16.

Faroh, S., Dzulfikar, A. M., Azizah, D. N., Nurlita, J., Dzakwan, M. A., & Putri, V. C. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kondisi Psikologis Pelajar pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education and Technology, 1(2), 69-74.

Jarwati, & Priskawati, D. (2020). Blended Learning: Solusi Pembelajaran New Normal Untuk Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 1(2), 103–113.

Mulatsih, Bekti. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Guru.

Mulyani, F., dan Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109.

Yudha, S. (2021). Tantangan Perkembangan Teknologi di Masa Pandemi. Diakses https://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2021/04/23/tantangan- perkembangan-teknologi-di-masa-pandemi/




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.