Fungsi Bahasa dalam Wacana Lisan Interaksi Guru dan Siswa pada Pembelajaran Daring Berbasis Masalah

Ady Dwi Achmad Prasetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi bahasa dalam wacana lisan interaksi guru dan siswa pada pembelajaran daring berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat wacana interaksi guru dan siswa pada saat pembelajaran daring brerbasis masalah. Lokasi penelitian ini adalah MAN Insan Cendekia Pasuruan, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data peneliitian ini menggunakan teknik perekaman dan teknik simak catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian, disimpulkan bahwa fungsi bahasa yang dominan dalam interaksi guru dan siswa di kelas adalah fungsi heuristik, digunakan sebagai bentuk pertanyaan yang menuntut suatu jawaban.

Keywords


fungsi bahasa; wacana lisan; pembelajaran daring; pembelajaran berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


Alwi, H., et al. (2000). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bachtiar, A., Oktaviantina, A.D., & Rukmini. (2014). Ubrug: Kajian sosiolinguistik. Jurnal Sirok Bastra.; 2(2), hlm 121-128.

Brooks, A. (2004). Posfeminisme & Cultural Studies: Sebuah pengantar paling komprehensif (S. Kunto Adi Wibowo, penerjemah dan Idi Subandy Ibrahim, editor). Yogyakarta: Jalasutra.

Darmawan, A. (2006). Seratus buku sastra terpilih karya perempuan. Dalam A. Kurnia (ed.), Ensklopedia sastra dunia;. hlm 224-227.

Hafid, A. & Safar, M. (2007). Sejarah kota Kendari. Bandung: Humaniora.

Hanan, S. S, Sukmawati, & Rahmania. (2006). Keberterimaan bentuk pengindonesiaan kata dan ungkapan asing di kalangan masyarakat kota Kendari. Kendari: Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara

Hastuti, H. B. P. (2013). Representasi perempuan Tolaki dalam mitos: Studi terhadap mitos Oheo dan mitos Wekoila. Tesis. Program Pascasasrjana Universitas Halu Oleo, Kendari

Heryadi,T., & Permadi, Y. (2013). Hubungan peran alat dengan verba berdasarkan perilaku semantis: Kajian sintaktis dan semantis. Jurnal Kandai.; 9 (1), hlm 59-70.

Krisna, F.N. (2014). Studi kasus layanan pendidikan nonformal suku Baduy.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.; 20 (1), hlm 1-13.

Lumintaintang, Y.B. (2014). Industri film nasional sebagai media pelestarian bahasa ibu dalam upaya memperkuat identitas bangsa: Fenomena penggunaan alih kode. Kumpulan Makalah. Menyelamatkan Bahasa Ibu, Seminar Internasional Hari Bahasa Ibu.; hlm 117-125.

Rahman, A. (2008). Maknamitos.Diperoleh dari http://www.esasterawan.net..

Ratna, N. K. (2011). Antropologi sastra: Peranan unsur-unsur kebudayaan dalam proses kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prasetya, A. D. A. (2019) Analisis Kesalahan Ejaan dan Pilihan Kata pada Surat Dinas di STKIP Al Hikmah Surabaya. LINGUA FRANCA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 3(1), hlm 120-127.

Sayuti, S. A. (2008). Bahasa, identitas, dan kearifan lokal dalam perspektif pendidikan. Dalam Mulyana (ed.), Bahasa dan sastra daerah dalam kerangka budaya. Yogyakarta: Tiara Wacana. hlm. 23-44.

Supriadi, A. (2010). Menyibak teori dan kritik sastra Islam [Resensi buku Teori dan kritikan sastra Malaysia dan Singapura, oleh A.R. Napiah].Jurnal Metasastra. 3(2), hlm 202-206.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.