Error pada Tulisan Deskriptif yang Dibuat oleh Mahasiswa Tingkat Pertama STKIP PGRI Blitar

Romi Asmoro

Abstract


Penelitian ini meganalisis eror dalam menulis tulisan deskriptif oleh siswa tingkat pertama STKIP PGRI Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jenis eror yang sering muncul pada tulisan deskriptif mahasiswa. Peneliti menemukan 550 eror dengan hasil 88 (16%) addition, 185 (33,64%) omission, 116 (21,09%) misformation, 11 (2%) misordering, dan 150 (27,27%) mechanism. Eror yang paling sering muncul adalah omission yang disebabkan karena kekurangpahaman mahasiswa tentang aturan susunan kalimat bahasa Inggris. Eror kedua adalah mechanism yang dapat diantisipasi dengan pemahaman tentang tata cara penulisan kalimat yang baik dan benar. Eror ketiga adalah misformation. Eror keempat adalah addition yang mengindikasikan bahwa siswa mengalami kebingungan tentang bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Eror terakhir adalah misordering—bahasa Indonesia menggunakan Diterangkan-Menerangkan, sedangkan Bahasa Inggris menggunakan Menerangkan-Diterangkan.

Keywords


Kesalahan; Analisa Kesalahan; Tulisan Deksriptif

Full Text:

PDF

References


Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching Fourth Edition. New York: Longman.

Dulay, H. Burt, M., Krashen, S. (1982). Language Two. New York: Oxford University Press.

Harmer, J. (2004). The Practice of English Language Teaching Fourth Edition. New York: Longman.

Hogue, A. (2003). The Essentials of English. New York: Longman

Murad, T. M., & Khalil, M. H. (2015). Analysis of errors in English writings committed by Arab first-year college students of EFL in Israel. Journal of Language Teaching and Research, 6(3), 475.

Oshime, A., dan Hogue, A. (2007). Introduction to Acedemic English Third Edition. New York: Pearson Educatoon.

Saville-Troike, M., & Barto, K. (2006). Introduction Second Language Acquisition Second Edition. United Kingdom: Cambridge University Press; 2006. 40.

Siburian, T.A. (2013). Improving Students’ Achievement On Writing Descriptive Text Through Think Pair. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW). 2013; 3 (3): 30-34.

Turnbull, J. (2010). Oxford Advanced Learner’s Dictionary Eight Edition. New York: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.