Pengaruh Media Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Tamansiswa

Hazimah Ellia Ramanda, Amrina Rosyada, Dasmo Dasmo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada–tidaknya pengaruh media pembelajaran daring terhadap hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Tamansiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes berbicara pre-test dan post-test. Jumlah sampel terdiri atas 30 siswa kelas VII yang dipilih dengan metode random sampling. Hasil penelitian menunjukkan data pre-test dengan nilai tertinggi = 75, nilai terendah = 50, nilai rata-rata = 65,8, median = 67,83, dan modus = 71,37. Adapun data post-test menunjukkan nilai tertinggi = 94, nilai terendah = 67, nilai rata-rata = 80, median = 81,5, dan modus = 83,64. Dengan taraf signifikansi (a) = 0,05, pengujian hipotesis dengan rumus statistik uji-t menghasilkan thitung = 1,706 dan ttabel = 1,699. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran daring memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Tamansiswa.

Keywords


Media Pembelajaran Daring; Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris; Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson Education Inc.

Garad, A., Al-Ansi, A. M., & Qamari, I. N. (2021). The role of e-learning infrastructure and cognitive competence in distance learning effectiveness during the covid-19 pandemic. Cakrawala Pendidikan, 40(1), 81–91. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474

Hairiah. (2021). Model Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Indonesia. Journal of Instructional and Development Researches, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.53621/jider.v1i1.15

Ismail, M. N., & Alexandro, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 37–46. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.112

Mannong, A. B. M. (2020). The Students’ eyesight: the effectiveness of learning-based applications on ELT in pandemic era. ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 6(2), 394. https://doi.org/10.24252/eternal.v62.2020.a14




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.