Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar dan Mengajar di SMA Yadika 11 Jatirangga Bekasi

Nani Hanifah

Abstract


Penelitian ini membahas pengaruh perpustakaan sekolah terhadap proses belajar dan mengajar di SMA Yadika 11 Jatirangga, Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Responden penelitian sebanyak 28 siswa kelas XI. Hasil uji validitas dan reliabilitas menghasilkan angka 0,790, yang berarti reliabilitas tinggi. Semua perhitungan dilakukan dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil uji normalitas menghasilkan nilai Sig. = 0,200 (>0,05), yang berarti sebaran data berdistribusi normal. Hasil uji linieritas menghasilkan nilai Sig. = 0,795 (>0,05) ,maka data dalam keadaan linier. Penghitungan nilai hubungan (koefisien korelasi) menghasilkan nilai R = 0,906, sehingga termasuk korelasi sempurna. Diperoleh nilai koefisien determinasi r2 = Rsquare = 0,820; artinya proses belajar dan mengajar ditentukan oleh perpustakaan sekolah sebesar 82%, sedangkan 18% sisanya ditentukan oleh variabel lain. Pengujian taraf signifikansi atau uji hipotesis menggunakan model regresi menghasilkan nilai t = 10,885, nilai Sig. = 0,000 < 0,05 atau F hitung = 118,480 > F tabel (df: 1.26) = 4,23, artinya hipotesis nol (H0) ditolak, hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu ada pengaruh signifikan perpustakaan sekolah terhadap proses belajar dan mengajar.


Keywords


Perpustakaan Sekolah; Proses Belajar dan Mengajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2002). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendeekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Kusuma, A. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Di SMPN I Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Mubasyaroh. (2016). Pengaruh perpustakaan bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi di STAIN Kudus Jateng. Liberia. 4 (1) , p. 3.

Novriliam, R. dan Yunaldi. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar di SDN 23 Painan Utara. Jurnal: Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan 1(1) p.2.

Puspanita, A. (2012). Kegiatan Pengelolaan Koleksi Di Perpustakaan SMPN 5 Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Walgito, B. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.