Pengaruh Hybrid Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Arsitektur 1 di Prodi Arsitektur Unindra

Ukti Lutvaidah, Indah Yuliasari, Bambang Perkasa Alam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hybrid learning terhadap hasil belajar Matematika Arsitektur 1 pada Prodi Arsitektur Unindra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-eksperimen berupa one group pre-test-post-test. Sampel penelitian terdiri atas mahasiswa semester 3 yang mengulang mata kuliah Matematika Arsitektur 1, berjumlah lima orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh hybrid learning terhadap hasil belajar Matematika Arsitektur 1. Simpulannya, hasil belajar Matematika Arsitektur 1 yang menggunakan hybrid learning (kelas eksperimen II) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran sistem daring (kelas eksperimen I). Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata hasil belajar maupun perhitungan uji hipotesis menggunakan uji parsial (uji t).


Keywords


Pembelajaran Hybrid Learning; Hasil Belajar; Matematika Arsitektur 1

Full Text:

PDF

References


Dwiyogo W. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Diakses pada 28 September 2022. www.pembelajaranvisioner.com

Harun, A., Asiah, N., Kuswanto, C. W., Iqbal, A., & Diadara, N. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 349-359.

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2013). Implementasi model hybrid learning pada proses pembelajaran mata kuliah statistika ii di prodi manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).

Hidayah, S. N. (2019). Hybrid Model-Based Learning Learning in Welcome Era Industrial Revolution 4.0. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 46-54.

Indarto, P., Fatoni, M., & Nurhidayat, N. (2018). Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Kuliah Sepakbola di Pendidikan Olahraga FKIP UMS. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Lutvaidah, U., & Purnama, M. S. S. (2022). Pengaruh Penggunaan WhatsApp terhadap Hasil Belajar Matematika Arsitektur 2 pada Masa Pandemi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8.

Mahnegar, F. (2012). Learning management system. International Journal of Business and Social Science, 3(12).

Pratomo, I. W. P., & Wahanisa, R. (2021, August). Pemanfaatan Teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes Masa Pandemi Covid-19: Utilization of Learning Management System (LMS) Technology at Unnes during the Covid-19 Pandemic. In Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (Vol. 7, No. 2, pp. 547-560).




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.