Keefektifan Perkuliahan dengan Sistem Tatap Muka Terbatas pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Madiun
Abstract
Pandemi Covid-19 mendorong dilakukannya sistem perkuliahan tatap muka terbatas, yakni penyelenggaraan perkuliahan di kelas secara tatap muka dengan batasan waktu dan jumlah mahasiswa. Metode ini menuntut dosen untuk mampu mengefektifkan kegiatan perkuliahan di kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan dan hambatan yang terjadi selama pelaksanaan perkuliahan tatap muka terbatas pada mahasiswa PBSI Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkuliahan berjalan dengan efektif. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya tiga aspek, yakni (1) perubahan sikap mahasiswa dan dosen ke arah yang lebih baik; (2) peningkatan partisipasi mahasiswa selama perkuliahan di kelas yang menjadi lebih aktif; (3) peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Adapun hambatan yang terjadi, terdiri atas dua aspek, yakni (1) keterbatasan waktu perkuliahan di kelas sehingga memengaruhi penyampaian dan pemahaman materi, serta (2) sikap beberapa mahasiswa yang menunjukkan aktivitas negatif. Akan tetapi, hambatan tersebut telah berhasil diatasi oleh dosen sehingga perkuliahan dapat tetap berjalan dengan baik dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Perkuliahan. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung; Pustaka Setia.
Mendikbudristek, Menag, Menkes, & Mendagri. (2021). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021,
Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Perkuliahan di Masa Pandemi CoronaVirus Disease 2019 (Covid- 19). Jakarta: Kemendikbudristek, Kemenag, Kemenkes, dan Kemendagri.
Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nidawati. (2020). Penerapan Peran dan Fungsi Dosen dalam Kegiatan Perkuliahan. Dalam Fakhrul Rijal (Eds.), PIONIR Jurnal Pendidikan (Vol. 9, No. 2, Hlm. 136-153).
Banda Aceh: Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan PW PERGUNU Aceh.
Razaq, A. (2014). Interaksi Perkuliahan Efektif untuk Berprestasi. Dalam Hurriah Ali Hasan (Eds.), Jurnal Pilar (Vol. 5, No. 2, Hlm. 15-26). Makassar: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar dan LP3M Unismuh Makassar.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Usia Dini (Vol. 9, edisi 1, hlm. 15-32). Jakarta: Pendidikan Usia Dini UNJ dan LPPM UNJ.
Saadi, Fransiska., Halidjah, Siti., & Kartono. (2013). Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Perkuliahan Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho. Dalam Venny Karolina (Eds.), Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa (Vol. 2, No. 7, Hlm. 1-18). Pontianak: Pengajaran dan Pendidikan Universitas Tanjungpura.
Sanjani, Maulana Akbar. (2020). Tugas dan Peranan Dosen dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Dalam Dewi Rulia (Eds.), Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan (Vol. 6, No. 1, Hlm. 35-42). Binjai: STKIP Budidaya Binjai.
Setyosari, Punaji. (2014). Menciptakan Perkuliahan yang Efektif dan Berkualitas. Dalam Saida Ulfa (Eds.), Jurnal Inovasi dan Teknologi Perkuliahan (Vol. 1, No. 1, Hlm. 20-30). Malang: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang dan APS TPI.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta.
Yestiani, Dea Kiki & Zahwa, Nabila. (2020). Peran Dosen dalam Perkuliahan pada Mahasiswa Sekolah Dasar. Dalam Ittihad (Eds.), Fondatia (Vol. 4, No. 1, Hlm. 41- 47). Lombok Timur: Pendidikan Dosen Madrasah Ibditaiyah (PGMI) STIT Palapa Nusantara Lombok.
DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.