Tamara Sebagai Upaya Meningkatkan Semangat Menabung Masyarakat

Alifia Ganeshi Anggarini, Elana Era Yusdita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk dan pelayanan dari simpanan deposito berjangka atau tabungan khususnya produk Tamara di PT BPR Pundhi Arta Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan tabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu pengumpulan data dengan melihat catatan-catatan atau dokumen yang ada dan erat kaitannya dengan masalah yang diteliti berupa simpanan deposito berjangka atau tabungan Tamara. Data yang diperoleh berasal dari beberapa karyawan PT BPR Pundhi Arta Indonesia yang berhubungan dengan pelayanan produk Tamara. Tamara merupakan Tabungan Masyarakat Sejahtera yang memberikan pelayanan khusus kepada nasabah. Pertama kali Tamara muncul dikarenakan PT BPR Pundhi Arta Indonesia melihat adanya peluang di lapangan dengan kondisi masyarakat menengah ke bawah. PT BPR Pundhi Arta Indonesia mencoba mencari solusi untuk menghadapi kendala yang dihadapi masyarakat.

Keywords


Bank Perkreditan Rakyat; Simpanan; Lembaga Keuangan; Pelayanan Masyarakat; Perbankan

Full Text:

PDF

References


Daulay, A. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Human Falah, 4(1), 105-136.

Ismaulina, I., & Tasya, A. A. (2020). Atribut Produk Tabungan Bank Syariah Dan Pengaruhnya Pada Minat Nasabah Menabung. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 8(2), 208-223. 10.24952/masharif.v8i2.3360.

Mandataris, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(2), 45-48.

Nuh, M., Sangaji, R., Agustin, E., Larasati, A. N., & Muzzaki, M. (2021). Sosialisasi pentingnya manfaat menabung sejak dini. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(1), 119-125.

Purwanto, B., & Lukman, I. (2021). Pentingnya Menabung Bagi Generasi Muda. JURNAL BAKTI MASYARAKAT (BAKAT) MANAJEMEN, 1(1), 23-29. http://www.ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/bakatmanajemen/article/view/5211

Sondakh, C. (2015). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1), 19–32. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/7525

Susanti, H., & Ernawati, Y. (2020). Analisis tingkat suku bunga tabungan dan pendapatan masyarakat terhadap minat menabung di PT. BPR bhapertim persada cabang mojoagung: Tingkat suku bunga, Pendapatan Masyarakat, Minat menabung. @ Trisula, 7(2), 1-11.

Trisnadi, D. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung Kembali di CIMB Niaga (Studi Kasus PT Bank CIMB Niaga Tbk Bintaro). MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(3), 374–384.

Widowati, A. S., & Mustikawati, R. I. (2018). Pengaruh pengetahuan produk tabungan, reputasi bank, dan persepsi nasabah mengenai suku bunga simpanan terhadap keputusan menabung nasabah. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(2), 141-156.

Widyastuti, I. (2016). Analisis peran bank perkreditan rakyat (BPR) terhadap peningkatan kinerja usaha mikro kecil (UMK). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2), 1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Yudiana, I. W., Aryawan, G., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Suku Bunga Tabungan dan Inflasi Terhadap Simpanan Masyarakat di Bank Umum Provinsi Bali. Warmadewa Economic Development Journal (WEDJ), 2(2), 72-83.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.