Konseling Kelompok dengan Teknik Symbolic Modeling, Apakah Efektif Meningkatkan Etika Berbicara?

Ratih Christiana, Ibnu Mahmudi, Beny Dwi Pratama

Abstract


menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar, siswa kerap berbicara dengan temannya; sebagian siswa ketika berbicara tidak menatap lawan bicaranya; siswa kerap menggunakan diksi yang tidak tepat, seperti mengumpat menggunakan nada tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan teknik symbolic modeling dalam meningkatkan etika berbicara siswa di Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen melalui one group pre-test dan post-test. Populasi sebanyak 162 siswa SMP dengan sampel penelitian sebanyak 15 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket etika berbicara dengan skala Likert.Analisis data menggunakan t-test. Pengujian hipotesis menggunakan perhitungan wilcoxon sign rank test, diperoleh nilai signifikasi sebesar 0.001, kurang dari batas kritis penelitian 0,05. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan etika berbicara. Dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik symbolic modeling efektif meningkatkan etika berbicara siswa SMP di Kota Madiun.


Keywords


Konseling Kelompok Symbolic Modeling; Etika Berbicara

Full Text:

PDF

References


Arikunto.(2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Christiana, R. (2018). Keefektifan Peer Modeling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Mahasiswa dalam Menguasai Keterampilan Berbahasa Inggris. Jurnal Hibualamo (Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan), Vol 2 (2), P. 61-65.

Ernawati. (2017). Upaya Meningkatkan Adab dan Etika Berbicara secara Islami pada Anak Minoritas di Sekolah Master Depok. Jurnal Abdimas Volume 3 Nomor 2, Maret 2017.

Fahmi. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Smk Negeri 1 Depoksleman.(Online). Jurnal Hisbah, Vol. 13, No. 1 Desember 2016.

Lestari, I. (2015). Pengemabangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Modelling Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 1 Tahun 2015 ISSN 2460-1187.

Nurishan, Achmad Juntika. (2005). Stategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

Reksoatmojo, Tedjo N. (2009). Statistika untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung : PT Refika Aditama.

Salam, Burhanuddin. (2012). Etika Individual. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sari, E. P. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Peserta Didik di SMA Al Azhar 03 Bandar Lampung. Skripsi: Diterbitkan. Lampung: Universitas Isalm Negeri Raden Intan.

Siti,Wahyuni. (2018). KonsepDasarKonselingKelompok.Jurnal Komunikasi Islam Vol.12 No.1 (2018) E-ISSN: 2406-9485.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, CV Alfabeta.

Sumedi. (2018). Meningkatkan Etika Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Pada Siswa Smp. Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 1 No. 1, Juni 2018 Hal. 49-60 ISSN 2620-9780 (Online), 2621-5039 (Cetak).

Thompson, A.R. (2003). Counseling Techniques (Improving Relationship with Others, Ourselves, Our Families, and Our Environment-Second Edition). Routledge, New York.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.