Komunikasi Interpersonal Antara Pembimbing Kemasyarakatan dengan Klien Anak di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surakarta

Miranti Nilasari, Andrik Purwasito, Sri Hastjarjo

Abstract


Bapas Kelas I Surakarta melalui Pembimbing Kemasyarakatan melakukan pendampingan terhadap klien Anak sejak tahap praajudikasi, ajudikasi hingga paskaajudikasi. Dalam pelaksanaan pendampingan ini, PK  harus membangun kedekatan untuk memperoleh data dan informasi mengenai Klien Anak. PK mewawancarai Klien Anak dalam suasana yang nonformal untuk menciptakan kedekatan dengan Klien Anak. Komunikasi interpersonal yang terjadi antara PK dengan Klien Anak memerlukan teknik komunikasi efektif dan tidak jarang mengalami hambatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sesuai dengan kebutuhan penelitian, sumber penelitian ini adalah keterwakilan yang berkomunikasi dengan anak-anak, yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa PK Bapas Kelas I Surakarta telah berkomunikasi dengan anak-anak melalui tahap-tahap yang sistematis. Ini menunjukkan bahwa PK dapat memberikan rekomendasi yang tepat yang sesuai dengan kepentingan terbaik anak-anak.


Keywords


komunikasi interpersonal, Pembimbing Kemasyarakatan (PK), Klien Anak, rekomendasi

Full Text:

PDF

References


A. Primasasti, “Dostupné na Internete.”

R. M. A. Daulay, “Pemasyarakatan Profetik: Tinjauan Politik Profetik Terhadap Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022,” An-natiq J. Kaji. Islam Interdisip., vol. 3, no. 1, pp. 42–53, 2023.

D. Rahmat, “Pembinaan Narapidana Dengan Sistem Pemasyarakatan,” Pranata Huk., vol. 13, no. 2, p. 522069, 2018.

D. Samosir, Penologi dan pemasyarakatan. Nuansa Aulia, 2016.

A. Nurdin, Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Prenada Media, 2020.

A. Liliweri, Komunikasi antar personal. Prenada Media, 2017.

J. Rakhmat, “Psikologi Komunikasi edisi revisi,” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

J. A. Devito, “Komunikasi Antarmanusia. Jakarta.” professional Books, 1997.

D. Mulyana, Komunikasi efektif: suatu pendekatan lintasbudaya. Remaja Rosdakarya, 2004.

A. Carpenter and K. Greene, “Social penetration theory,” Int. Encycl. Interpers. Commun., pp. 1–4, 2015.

S. W. Littlejohn and K. A. Foss, Theories of human communication. Waveland press, 2010.

N. F. P. Putra, “Peranan komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam mencegah perilaku seks pranikah di SMA Negeri 3 Samarinda kelas XII,” Ejournal Ilmu Komun., vol. 1, no. 3, pp. 35–53, 2013.

B. Susanto, “Pendekatan Komunikasi Organisasi di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah Tangkit Batu Natar.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.