Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Digital
Abstract
Di era teknologi sekarang ini banyak membawa perubahan, perubahan tersebut terjadi diberbagai bidang, diantaranya dalam kegiatan pembelajaran. Perubahan teknologi itu juga membawa dampak positif yaitu berupa kemudahan-kemudahan dalam dunia pendidikan. Penggunaan perangkat lunak maupun perangkat keras lainnya sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Di tengah adanya berbagai kemudahan tersebut, ada upaya yang harus dilakukan oleh salah satu unsur pendidikan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan berbagai teknologi, yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran digital seperti modul ajar, pemahaman dalam pembuatan konten dan penggunaan fitur-fitur digital yang membantu guru dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik seperti WhatsApp, Instagram, Gmail, Google Drive, Chrome dan fitur lainnya. Maka dari itu, guru harus meningkatkan kompetensinya agar dapat mengimplementasikan kegiatan pembelajaran berbasis digital yang efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggi, dkk (2022), Strategi Pengelolaan Pemasaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Multidispliner BHARASUMBA. E-ISSN:2828-4186 (online), 29 Juli 2022.
Abdullah Hamid, (2020), Desain Pembelajaran Flipped Learning Sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21, QUALITY, Volume 8, Nomor 1, 2020: 149-164. UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
Cahyani A, (2023), 5 Contoh Medya Pembelajaran Berbasis Digital, tersedia pada: http://blogkejarcita.id/5-contoh-media-pembelajarn-berbasis digital.
Chaer, M. T., dkk, (2020), Membangun Pendidikan Indonesia Berkelas Dunia Goresan Pena
Desca Lidya Natalia, Peran Pemuda Di Era Digital Dalam Memperkuat Kerjasama Lintas Agama Dan Budaya Di Dunia Yang Terpolarisasi, Seminar Internasional MAARIF Institute dan Leimena Institut, 2024
Hamzah B. Uno, Nina.L (2016), Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi, Jakarta, Bumi Aksara.
Haliza & Ramli (2017), Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 10 Bombana Melalui Melaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thin Pair Share Pada Materi Pokok Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan Geografi, volume 1, nomor 1, April 2017.
Holzberger D., Philipp A. dan Kunter M. (2013). “How Teacher” Self Afficacy is related to instructional quality: A Longitudinal Analisys.,” Journal of Educational Psycholgy American Psychological.
Julinda Siregar, (2020). Pengembangan Pendidikan IP, Dalam Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru, Jakarta, Unindra Press.
Kadir dan Arman, (2022), Developing a Digital Learning Model Based on Multimedia in Mathematics Learning, Jurnal of Phisics: Conference Series, 193(1), 12086.
Laurent, T., Managgel&MB Sapulette, (2021), Pengembangan Media Pembelajaran Desain Grafis Dan Analisi Real Berbasis Digital,” Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), hal.85-92.
Made Pidarta, (2013), Landasan Kependidikan, Jakarta, Rineka Cipta.
Mutakallin & Abd Gani, S. (2020), Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Pada Madrasah Menghadapi Tantangan Zaman, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Volume 1, Nomor 2, Juli 2022.
Mohammad Karim, (2020), Keterampilan Abad 21 Dan Desain Pembelajarannya, Proceding International Confrence on Islamic Education” Innovative Learning Designs to Empower Students in Digital Works” UIN Maulana Ibrahim Malang November 12, 2020 p-ISSN 2477-3638/E-ISSN 2613-9804 Volume: 5, 2020.
Muhali, (2019), Pembelajaran Inovatif Abad ke 21, 3(2).https:/doi.org/10.36312/e.saintika.v3i2.126.
Nesri, F. D. P. & Kristanto, Y.D (2020), Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk mengembangkan Kecakapan Abad 21 Peserta didik AKSIOMA, Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492.
Niken, S (2019), Pengembangan Desain Pembelajaran Pada Kelas Profesional, PGMI Menggunakan Google Classroom. Edudeena, Volume 3. Nomor. 2 Juli 2019| 101-107.
Ni Ketut Riani (2021), Strategi Peningkatan Layanan Publik, JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1. No. 11 April 2021 Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Putrawangsa, S. U. Hasanah (2018), Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika” Jurnal Tatsqib, 16(1). Hal 42-54.
Prayogi R. D, (2020), Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan, Manajemen Pendidikan. 14(2).
Simarmata, (2022) Pembelajaran Berbasis Multimedia, Langsa, Yayasan Kita Menulis
Soni (2018), Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK N 1 Bangkinang, Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri RL, 20.
Safeti Jultri (2020), Desain Pembelajaran Pedati Sebagai alternative Pengembangan Metode Asinkron, Prosiding Seminar nasional PBSI-III Tahun 2020.
Sari, I. P. & Yudhanegara, M. R (2021), The Development Of Digital Learning Materials For Learning Basic.
Sherly, Dharma, E,. dan Sihombing, H, B (2021), Merdeka Belajar: Kajian literature, In Urban Green Confrence Proceding Library (pp, 183-190).
Supardi, (2013), Kinerja Guru, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Suharsimi Arikunto, (2016), Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.
Widyanto, I.P & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran, Sastraharing. Jurnal Manajemen, 4(2), pp. 16-35.
Wisman Hadi, dkk (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning Mendukung Critical Thinking Skill Peserta Didik Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid 19, Basastra, Jurnal Kajian Bahasa dan sastra Indonesia, Volume 11, No, 1-2022, p-ISSN: 2301-5926|e-ISSN:2579793X.
Weni Kurniawati, (2021), Desain Perencanaan Pembelajaran, Jurnal An-Nur: Kajian pendidikan dan Ilmu Keislman, Volume.7, Nomor 1. Januari-Juni 2021.
Wijaya, E.Y. dkk. (2016), Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, pp. 263-278.
Wrahatnolo, T. (2018), 21 St Senturies Skill Implication On Educational System, IOP conference Series: Materials Sience and…, Query date; 2020-10-2620;32;24 http;//iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/296/1/012036/meta.
Uci dkk (2023), Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21, Langsa, Yayasan Kita Menulis.
Yusuf, M & Arfiansyah, W (2022), Konsep “Merdeka Belajar”, Dalam Pandangan Filsafat Kontruktivisme. AL-MURABBI, Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7 (2), 220-133.
Yuliani, M. et. al (2020), Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori dan Penerapan, Yayasan Kita Menulis.
Ni Ketut Riani (2021), Strategi Peningkatan Layanan Publik, JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1. No. 11 April 2021 Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8023
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.