Analisis Nilai Budaya Cerita "Di Buto Makan Rembulan" sebagai Potensi Bahan Ajar Pemelajar BIPA Anak
Abstract
Menurut Kemendikbudristek, hingga 2023, ada 172 ribu pemelajar BIPA di 54 negara. Di antaranya terdapat juga pemelajar BIPA anak-anak. Tidak dipungkiri sastra anak memiliki peran penting dalam pengembangan bahasa dan kreativitas pada pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) anak-anak. Karya sastra anak menyediakan berbagai tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti persahabatan, kejujuran, dan keberanian, sehingga anak-anak dapat mengaitkan pembelajaran bahasa dengan pengalaman nyata dan juga cerita yang bermuatan budaya ciri khas Indonesia. Menjadikan sastra anak ini menjadi sala satu media untuk mengajarkan sekaligus mengenalkan Indonesia kepada pemelajar asing khususnya pemelajar anak-anak. Penelitian ini membahas peran sastra anak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di kalangan anak-anak, dengan fokus pada karya sastra, yaitu "Dik Buto Makan Rembulan" karya Zulfa Adiputri. Melalui analisis lintas budaya, penelitian ini mengidentifikasi nilai-nilai tradisi dan budaya yang terdapat dalam cerita tersebut, serta relevansinya bagi pemelajar BIPA. Cerita rakyat dan dongeng Indonesia tidak hanya memperkenalkan kosakata baru, tetapi juga memberikan wawasan tentang norma sosial dan kearifan lokal. Penelitian ini menunjukkan bagaimana sastra anak dapat berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan pemahaman bahasa dan memperkaya pengalaman belajar, serta memperkenalkan budaya Indonesia kepada pemelajar asing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Stephanie & Rizka. Bahasa Indonesia Mendunia, Kemendikbudristek Ungkap Capaian dan Langkah ke Depan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/bahasa-indonesia-mendunia- kemendikbudristek-ungkap-capaian-dan-langkah-ke-depan
Putra, Ilham pratama. 620 Sekolah di Australia Wajibkan Belajar Bahasa Indonesia. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ob3ZM4XN-620-sekolah-di-australia-wajibkan- siswa-belajar-bahasa-indonesia
Koentjaraningrat. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta.2009.
Safdarian, Zahra. The Effect of Stories on Ypung Learners‘ Proficiency and Motivation in Foreign Language Learning. Internationa jounal of English and Education. 2012. 210.
Bruno Bettheim, A Good Enough Parent. A Book On Child-Rearing, (New York: Random House, 2011)
Wirawan, A. K. Pembelajaran bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Metode Immersion Terintegrasi Budaya Indonesia. 2018 Diakses pada 20 Oktober 2024, https://kbi.kemdikbud.go.id/
Burhan Nurgiyantoro, Sastra Anak, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press: 2010, hlm. 153
Adiputri, Zulfa. Dik Buto Makan Rembulan. Hujan & Bumi.2023
Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2009. hlm.4
Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E . (2007). How To Design and Evaluate Research In Education. Singapore : McGraw-Hill .
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online. 2020. https://kbbi.web.id/proses
DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8030
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.