Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Siti Amaliyah

Abstract


Penelitian yang dibuat ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini berfokus pada metodologi dan pembuatan materi ajar dalam pengajaran Bahasa Indonesia yang berstandar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan standar pada para pengajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) sesuai dengan Standar Kompetensi Pengajar BIPA (SKP BIPA) yang diterbitkan oleh SEAMEO QITEP in Language yaitu, pedagogis yang mana unsur kesesuaian metodologi dan materi ajar terdapat dalam kompetensi pedagogis. Di sisi lain terdapat hal penting yang perlu diperhatikan adalah Standar Kompetensi Lulusan BIPA (SKL BIPA), dengan berdasarkan teori Hartono (2016). Kesesuaian uraian materi dengan kompetensi dasar di tiap unit/topik, kelengkapan materi, kedalaman materi, keakuratan materi, dan kesesuaian materi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, fitur, dan rujukan adalah bagian penting dari sebuah materi ajar BIPA. Berdasarkan berdasarkan penelitian yang diadakan di “Kampung Bahasa Bloombank” pada tanggal 22-24 Juli 2024, maka terjadi perubahan yang sangat signifikan sebelum peserta mengikuti pelatihan dan setelah mengikuti pelatihan. Sehingga pelatihan yang diadakan di “Kampung Bahasa Bloombank” sangat membantu pengajar BIPA yang berstandar.


Keywords


Pengajaran, BIPA, Metodologi, Materi Ajar

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, Siti. (2022) Analisis Metodology dan Buku Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) 2022. DISKURSUS : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol. 5, No. 1, April 2022, pp. 44-51

Arono, A., Yunita, W., & Kurniawan, I. (2021). Kemampuan mengajar pengajar BIPA

(bahasa Indonesia bagi penutur asing) dalam pelatihan tingkat dasar se-Kota Bengkulu melalui model induktif partisipatif. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(1), 107–121.

Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82.

BSNP. 2008. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.

Hartono, B. (2016). Dasar-Dasar Kajian Buku Teks: Konsep dasar, Pemilihan, Pemanfaatan, Penilaian, dan Penulisan Materi Ajarnya. Unnes Press.

Kamil, M. (2003). Model-Model pelatihan. Bandung: UPI

Milati, Ni Made. (2023) Teknik Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur

Asing (Bipa) Berbasis Etnopedagogi, Sembio: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi

Niknik, M.K (2019). BIPA Komunikasi Bisnis untuk pelajar BIPA level 1. UMN Press.

Pusat Perbukuan. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Rahmawati, I. Y. (2018). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) “Sahabatku Indonesia” Serta Nilai Pendidikan Karakter pada Level A1 di Universitas Muhammadiyah Ponogoro. 178–184

Soeharjono, Agus, dkk. (2022) Standar Kompetensi Pengajar BIPA. Jakarta: SEAMEO QITEP in Language

Strauss, A. dan Corbin, J. (2009). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Sugiyono (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutopo, H. B. (2002). Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press

Wirartha, I, M. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Skripsi,Dan Tesis . Yogyakarta: Penerbit andi




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.