Mahasiswa Membutuhkan Pembelajaran Berbasis Hybird Learning Pascamasa Pandemi Covid-19

Memmy Dwi Jayanti, Siti Muharomah, Lulu’Ur Rohmah

Abstract


Universitas Indraprasta PGRI Jakarta memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran serta bahan ajar melalui internet dengan cara belajar di rumah selain belajar tatap muka langsung. Situasi ini diharapkan dapat membangkitkan kembali prinsip dalam pilar pendidikan agar mahasiswa dapat belajar untuk tahu, belajar melakukan sesuatu hal, dan belajar untuk menjadi sesuatu dengan mencari sumber belajar terpercaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode campuran paralel konvergen dan pendekatan kualitatif untuk melakukan survei dalam analisis data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan model pembelajaran hybrid, selanjutnya kebutuhan dan persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran hybird akan menjadi dasar untuk mengembangkan model pembelajaran bagi mahasiswa serta dapat dijadikan bahan evaluasi bagi dosen terhadap pembelajaran hybird yang telah dilakukan.


Keywords


Kebutuhan mahasiswa; model pembelajaran; hybird learning

Full Text:

PDF

References


Saifuddin MF. E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. J VARIDIKA. 2018;29(2):102–9.

Natale CC, Mello PS, Trivelato SLF, Marzin-Janvier P, Manzoni-De-Almeida D. Evidence of scientific literacy through hybrid and online biology inquiry-based learning activities. High Learn Res Commun. 2021;11(0):33–49.

Rahardjanto A, Husamah, Fauzi A. Hybrid-PjBL: Learning outcomes, creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. Int J Instr. 2019;12(2):179–92.

Putri Uleng BP, Mahfuddin M, Nurhidayah N. Blended Learning as an Effective Learning Solution on Intensive English Program in the New Normal Era. J Andi Djemma J Pendidik. 2022;5(2):56.

Juwita R, Purwoko LF. Design and Implementation of Hybrid Learning. … J Educ Dyn [Internet]. 2022;4(2):14–23. Tersedia pada: http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS/article/view/340%0Ahttp://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS/article/download/340/161

Mahalli M, Sadiyah K, Rosdiana A. The Implementation of Hybrid Learning at Islamic University of Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara. J Educ Learn. 2023;13(1):111.

Karabulut-Ilgu A, Jahren C. Evaluation of hybrid learning in a construction engineering context: A mixed-method approach. Adv Eng Educ. 2016;5(3):1–26.

Zein M, M. Nuh Z, Dardiri D, Jasril J, Candra RM, Hanafi I, et al. Hybrid Learning in Mathematics Learning (Experimental Study in SMA Negeri 1 Pekanbaru). Malikussaleh J Math Learn. 2019;2(2):56–60.

Masalimova AR, Ryazanova EL, Tararina LI, Sokolova EG, Ikrennikova YB, Efimushkina S V., et al. Distance learning hybrid format for university students in post-pandemic perspective: Collaborative technologies aspect. Cypriot J Educ Sci. 2021;16(1):389–95.

Livingstone K. Implications of Implemeting A Hybird Leraning Approach at the University of Guyana. 2016;3(2013):1–23.

Rahmatulloh MJ, Deharsena FN, Valino L, Cahyo RD, Fuadin A. IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Pengaruh Transisi Pembelajaran Pasca Pandemi : dari Pembelajaran Online ke Pembelajaran Offline. 2023;1:552–62.

Wiragunawan IGN. Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan. EDUTECH J Inov Pendidik Berbantuan Teknol. 2022;2(1):83–90.

Asmara Y, Nindianti DS. Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG J Pendidik Sej dan Kaji Sej. 2019;1(1):12–24.

Munawaroh RZ, Prastowo A, Nurjanah M. Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. JISIP (Jurnal Ilmu Sos dan Pendidikan). 2021;5(3).

Sastro Slamet S. Hubungan Strategi Umpan Balik (Feedback), Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PPKn di SMK. PINUS J Penelit Inov Pembelajaran. 2020;5(2):39–56.

Wowor EC, Anjelia Tumewu W, Mokalu YB. Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi Dalam Pembelajaran Implementation of the Repetitive Method Through Reflection Activities in Learning. SOSCIED J Soc Sci Educ. 2022;5(2):272–9.

Scollins-Mantha, B. 2008. Cultivating social presence in the online learning classroom: A literature review with recommendations for practice. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 5(3), 1-15

Akcaoglu, M & Lee, E. 2016. Increasing Social Presence in Online Learning Through Small Group Discussions. International Review of Research in Open and Distributed Learning. (17), (3)




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.