Persepsi Guru Bahasa terhadap Kolaborasi dalam Pelaksanaan Kegiatan Literasi di Sekolah Islam Terpadu

Rizqi Aji Pratama, Aghnia Syadza

Abstract


Gerakan literasi sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa Indonesia yang rendah berdasarkan beberapa hasil skor PISA meningkatkan upaya guru bahasa untuk meningkatkan program tersebut. Kolaborasi antarguru bahasa menjadi salah satu upaya agar program tersebut dapat berjalan dan meningkatkan literasi warga sekolah. Meskipun berbagai penelitian mengenai kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua menghasilkan hasil positif pada prestasi siswa, wawasan terkait persepsi guru bahasa terhadap kolaborasi dalam kegiatan literasi masih terbatas. Penelitian yang melibatkan empat guru bahasa (Indonesia, Inggris, Arab) berusaha mengungkapkan persepsi mereka mengenai kolaborasi dalam kegiatan literasi di sekolah Islam terpadu. Dari hasil kuesioner mengenai persepsi mereka terhadap program literasi, didapatkan bahwa kolaborasi yang baik dapat meningkatkan tanggung jawab pengembangan program literasi, meningkatkan keterlibatan semua guru bahasa, dan meningkatkan efektivitas pembelajaran literasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi antarguru bahasa perlu ditingkatkan karena berimplikasi pada peningkatan kapasitas profesional guru dan keberhasilan siswa.


Keywords


kolaborasi; literasi; gerakan literasi sekolah.

Full Text:

PDF

References


Hawa AM, Putra LV. PISA Untuk Siswa Indonesia. JANACITTA 2018;1. https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.13.

Kartikasari E, Nuryasana E. School Literacy Movement Program in Elementary School, Indonesia: Literature Review. J Educ Learn EduLearn 2022;16:336–41. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i3.20383.

Kunnari I, Ilomäki L, Toom A. Successful Teacher Teams in Change: The Role of Collective Efficacy and Resilience. Int J Teach Learn High Educ 2018;30.

Tyagita BPA, Iriani A. Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola J Manaj Pendidik 2018;5:165–76. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176.

Abida J, Kamalia Z. Kolaborasi Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Anak. J Pendidik Transform 2024;3:20–7. https://doi.org/10.9000/jpt.v3i3.1870.

Ní Bhroin Ó, King F. Teacher education for inclusive education: a framework for developing collaboration for the inclusion of students with support plans. Eur J Teach Educ 2020;43:38–63. https://doi.org/10.1080/02619768.2019.1691993.

Wachidah LR, Putikadyanto APA. Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Literasi Bahasa Ramah Anak pada Anak Usia Dini. Kiddo J Pendidik Islam Anak Usia Dini 2024:207–18. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12773.

Suryani E. Implementasi Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran 5.0 Strategi dan Tantangan dalam Konteks Sekolah Dasar. J Kependidikan 2023;8:89–95.

Darling-Hammond L, Hyler M, Gardner M. Effective Teacher Professional Development. Learning Policy Institute; 2017. https://doi.org/10.54300/122.311.

Kim J-H, Kang HS, Kuusinen CM. Exploring the relationship between teacher collaboration and learner-centered instruction. KEDI J Educ Policy 2017;14:3–24.

Voogt J, Laferrière T, Breuleux A, Itow RC, Hickey DT, McKenney S. Collaborative design as a form of professional development. Instr Sci 2015;43:259–82. https://doi.org/10.1007/s11251-014-9340-7.

Pohan AJ. Kolaborasi Guru Agama Islam dengan Guru Bahasa dalam Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler Bidang Keagamaan Siswa 2023.

Borko H, Potari D, editors. Teachers of Mathematics Working and Learning in Collaborative Groups: The 25th ICMI Study. Cham: Springer International Publishing; 2024. https://doi.org/10.1007/978-3-031-56488-8.

de Jong L, Meirink J, Admiraal W. School-based teacher collaboration: Different learning opportunities across various contexts. Teach Teach Educ 2019;86:102925. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102925.

Mora-Ruano JG, Heine J-H, Gebhardt M. Does Teacher Collaboration Improve Student Achievement? Analysis of the German PISA 2012 Sample. Front Educ 2019;4. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00085.

Tulak AM, Gasong D, Baan A. Efektivitas Kompetensi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sopai. Indones Res J Educ 2024;4:832–9. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.901.

Kusmiarti R, Hamzah S. Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Industri 4.0. Semin Nas Pendidik Bhs Dan Sastra 2019:211–22.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). 14th ed. Bandung: CV Alfabeta; 2013.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.