Analisis Penggunaan Majas Hiperbola dalam Tajuk Rencana Surat Kabar Kompas
Abstract
Hiperbola adalah majas yang memuat pernyataan-pernyataan berlebihan yang dimaksudkan untuk meninggalkan kesan mendalam atau dramatis pada pembacanya. Hiperbola sering digunakan dalam karya sastra, namun juga dapat ditemukan dalam teks nonfiksi seperti opini dan editorial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan hiperbola dalam editorial surat kabar Kompas dan secara khusus untuk mengetahui tujuan dan dampak penggunaan hiperbola dalam konteks jurnalisme. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data penelitian berupa teks yang memuat representasi hiperbolik editorial Kompas yang terbit pada kurun waktu tertentu. Data dikumpulkan melalui penelitian dokumen dan dianalisis secara deskriptif dan interpretatif untuk mengungkap makna dan fungsi penggunaan hiperbola dalam setiap konteks. Menurut penelitian ini, hiperbola digunakan dalam editorial Kompas untuk berbagai tujuan, antara lain: (1) Untuk menekankan pentingnya suatu topik dan menarik perhatian pembaca. (2) Kritik yang tajam dan kuat terhadap kebijakan pemerintah. (3) mengungkapkan keprihatinan atau kemarahan terhadap isu- isu sosial; (4) Membangun citra positif gagasan dan institusi. (5) Menciptakan efek-efek humor atau sindiran untuk menghibur dan mempengaruhi pembaca. Kajian ini memberikan pemahaman lebih dalam mengenai penggunaan hiperbola dalam jurnalisme dan kontribusinya dalam membentuk opini publik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eriyanto. (2021). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS. Keraf, Gorys. (2019). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Krippendorff, Klaus. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. California: Sage Publications.
Kusumaningrat, H., & Kusumaningrat, P. (2016). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2020). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nurudin. (2019). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
Purnama, Sari. (2022). "Efektivitas Gaya Bahasa dalam Tajuk Rencana Media Massa." Jurnal Komunikasi, 15(2), 45-60.
Siregar, Ashadi. (2020). Etika Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sobur, Alex. (2018). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumadiria, AS Haris. (2017). Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Wijaya, Putra. (2021). "Analisis Penggunaan Majas dalam Editorial Media Online." Jurnal Linguistik Indonesia, 39(1), 78-92.
Bungin, Burhan. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Eriyanto. (2021). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Komunikasi dan Ilmu- ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media.
Fairclough, Norman. (2020). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. London: Routledge.
Keraf, Gorys. (2019). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Krippendorff, Klaus. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. California: Sage Publications.
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: Sage Publications.
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saldaña, Johnny. (2021). The Coding Manual for Qualitative Researchers. London: Sage Publications.
DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8041
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.