Penerapan Project Based Learning pada Pengembangan Vlog sebagai Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Ignasia Tria Wardani, Rooselina Ayu Setyaningrum, Renita Tri Ekmawati

Abstract


Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi guru untuk menerapkan pembelajaran yang lebih mendalam sesuai kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi model Project Based Learning (PBL) dalam pembuatan vlog sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus pada keterampilan menulis dan menyajikan teks deskriptif. Studi ini dilaksanakan di kelas IX.A SMP Kanisius Gayam Yogyakarta melalui program Pengenalan Lapangan Persekolahan Pengelolaan Pembelajaran (PLP-PP). Pembelajaran menggabungkan cooperative learning dan scientific-based learning, menekankan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong dan kreativitas. Metode yang digunakan meliputi observasi kelompok dan PBL untuk mengembangkan literasi digital dan pemanfaatan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL melalui vlog dapat meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan keterampilan menulis serta presentasi lisan siswa, sehingga relevan sebagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesia di era digital.


Keywords


Kurikulum Merdeka; project based learning; vlog; inovasi pembelajaran; bahasa Indonesia; integrasi teknologi; cooperative learning; dan scientific based learning

Full Text:

PDF

References


Ahmad A, Kamal A. Kurikulum Merdeka Dalam Studi Kasus PBL: Penerapan, Kendala, dan Solusi. Journal of Mathematics Learning Innovation: STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang, Indonesia. 2024.

Amelia, dkk. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. 2024.

Astuti D. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Berbantukan Media Video Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tegowanu. Jurnal Ilmiah Pendidikan; Tri Sala. 2023; 9(1).

Bell S. Project-Based Learning for the 21st Century; Skills for the Future. 2010.

Mahanal S. Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Universitas Negeri Malang. 2014.

Nudir, Fitriyah A. Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial. 2024; 3(1).

Odeh O. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII.B SMPN 1 Karangjaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan). 2021.

Sugiyono D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2013.

Supriyanti YE. Penerapan Media Vlog (Video Blog) dan Efektivitasnya dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma; 2021.

Suprayoga H, dkk. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik di SMAN 14 Bandung. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan: Universitas Islam Nusantara. 2024.

Thomas JW, Mergendoller JR. Managing project-based learning: Principles from the field. Pada: Annual Meeting of the American Educational Research Association; 2000; New Orleans




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.