Nilai Sosial dalam Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan Karya Sari Fatul Husni dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang nilai-nilai sosial dalam novel Bukan Aku Yang Dia Inginkan karya Sari Fatul Husni dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik analisi isi. Nilai sosial diklasifikasikan menjadi nilai pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan, kepedulian, tanggung jawab, disiplin, empati, keserasian hidup, keadilan, toleransi, kerjasama, dan demokrasi. Berdasarkan hasil analisis, nilai sosial yang mendominasi dalam novel Bukan Aku Yang Dia Inginkan adalah nilai kepedulian. Nilai tersebut merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan yang harmonis dan seimbang. Hal ini dapat diimplikasikan oleh guru dalam pembelajaran di kelas, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi novel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Wardani F. Kajian Kesusastraan Sebuah Pengantar. Jawa Timur: CV AE Media Grafika; 2018.
Nurgiantoro B. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2013.
HS K. Kajian Kesusastraan: Sebuah Pengantar. Magetan: CV AE Media Grafika; 2018.
Widati S. Kajian Prosa Fiksi. Kota Baubau: LPPM Universitas Muhammadiyah Buton Press; 2020.
Husni SF. Bukan Aku Yang Dia Inginkan. Depok: Cloud Books; 2021.
Zubaedi. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2005.
Harun A, Triyadi S, Muhtoharom I. Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Ancika Karya Pidi Baiq (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurnal ONOMA: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. 2022;8(2):466–74.
Astuti ND, Arifin Z. Nilai Sosial dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMA. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. 2021 Jun;1(2):13–22.
Sari NL. Nilai-nilai Sosial dalam Novel tentang kamu Karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah KORPUS. 2019 Apr;3(1):55–65.
Zuhri A. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: CV Syakir Media Pres; 2021.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta; 2014.
Rahmiaty, Meylina, Rahman F. Instrumen Penelitian: Panduan Penelitian di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Jejak Pustaka; 2023.
DOI: https://doi.org/10.30998/28-10-2024.8070
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.