Kegiatan Dakwah Jumat sebagai Upaya Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Agita Violy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kegiatan Dakwah Jumat terhadap pengembangan bahasa anak usia dini di RA Muslimat Kota Bekasi. Latar belakangnya adalah perlunya peningkatan kemampuan berbahasa di kalangan anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan Kemmis & McTaggart melalui dua siklus dengan sampel 20 anak, melalu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil yang signifikan pada kemampuan berbahasa; pada siklus I, hanya 30% anak yang memiliki kemampuan baik, meningkat menjadi 85% pada siklus II. Diskusi mengindikasikan bahwa kegiatan berdakwah memperkenalkan nilai-nilai agama sekaligus meningkatkan keterampilan komunikasi. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa Dakwah Jumat efektif dalam mendukung pengembangan bahasa anak, sehingga kegiatan ini direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan.


Keywords


egiatan Dakwah; Pengembangan Bahasa; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Mardison, S. Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar. 2017; 7(2).

Wulandari, H., & Purwanta, E. Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2020; 5(1), 452-462.

Setiawati, N., Putra, D., & Zukhairina, Z. Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Al-Miskawaih: Journal of Science Education. 2023; 2(1), 1-16.

Pradita, E. L., Dewi, A. K., Tsuraya, N. N., & Fauziah, M. Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. 2024; 5(1), 1238-1248.

Wardani, A., & Ayriza, Y. Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2020; 5(1), 772.

Sukarma, I. K., Karyasa, T. B., Hasim, H., Asfahani, A., & Azis, A. A. Mengurangi Ketimpangan Sosial Melalui Program Bantuan Pendidikan Bagi Anak-Anak Kurang Mampu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2023; 4(4), 8440-8447.

Mardiani, L., & Yetti, R. Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2020; 4(1), 499-504.

Nduru, Y. N., Combi, J. S., Zai, S., & Kawatu, L. P. Peran Keluarga Dalam Membentuk Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran: Perspektif Pendidikan Agama Kristen. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat. 2024; 2(2), 240-253.

Anggraeni, R. Penggunaan Metode Bermain Kooperatif Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini: Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Pertiwi III Kelompok B Usia 5-6 Tahun (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). 2023.

Melawati, M., & Eli, A. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kober Idrisiyyah Pangligaran. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 2023; 6(1), 1-13.




DOI: https://doi.org/10.30998/28-10-2024.8071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.