Membangun Jembatan Komunikasi: Strategi Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi

N. Yeffa Afnita Apriliyani, Rika Isitianingrum, Sigit Widyarto

Abstract


Komunikasi bahasa Indonesia yang efektif merupakan elemen penting dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang efektif untuk membangun komunikasi bahasa Indonesia yang efektif di perguruan tinggi. Metode yg digunakan adalah metode kualitatif melalui melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen serta dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil yg ditemukan dalam Penelitian ini yakni beberapa strategi untuk membangun komunikasi bahasa Indonesia yang efektif di perguruan tinggi antara lain peningkatan kemampuan bahasa Indonesia, penerapan model pembelajaran, san pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Komunikasi yang efektif dalam menerapkan strategi bahasa Indonesia yang tepat dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa

Keywords


Komunikasi; Strategi; Efektivitas; Pembelajaran; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Ardi, H. (2020). Penguatan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Urgensi dan Strategi Implementasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 123-135.

Cangara, H. H. (2020). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Darma, Y. A. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi di Era Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2020). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pradana, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Budaya, 24(2), 189-201.

Purwanto, B. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 28(1), 67-80.

Sari, M. (2022). Peran Dosen dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 16(1), 112-125.

Haryanto, S. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dosen dalam Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa di Kelas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 52(3), 210-225.

Nurjanah, R. (2024). Pengaruh Kebijakan Bahasa Kampus terhadap Peningkatan Penggunaan Bahasa Indonesia di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 12(1), 78-91.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Creswell, J. W. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawati, Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 45-58.

Gunawan, I. (2022). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Jurnal Komunikasi, 15(1), 89-102.

Wijayanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menyenangkan dan Efektif di Perguruan Tinggi. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 145-158.




DOI: https://doi.org/10.30998/28-10-2024.8073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.