Etika Komunikasi Islami untuk Membangun Pendidikan Berkualitas di Sekolah

Dalmeri Dalmeri, Yuyun Nuriah, Supadi Supadi

Abstract


Trend perkembangan teknologi informasi dengan New Media yang berbasis Big Data memicu banyaknya tindakan yang mengabaikan etika dalam aktivitas komunikasi pada proses belajar mengajar di sekolah negeri maupun swasta. Tindakan ini menjadi tantangan untuk peningkatan kualitas pendidikan dari aspek sumber daya manusia. Terdapat berbagai macam perilaku negatif peserta didik baik secara individu maupun berkelompok pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang tidak mengikuti perkembangan kreativitas peserta didik. Tulisan ini bertujuan mengkaji etika komunikasi Islami dalam proses belajar mengajar di Sekolah Al-Fityan School Tanggerang. Penelitian etika komunikasi Islami penting ditindak lanjuti untuk menjaga pendidikan berkualitas dalam konteks pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pola Action Research serta melakukan Partisipant Obervasion untuk menghimpun data-data yang berkenaan dengan etika komunikasi yang Islami, kemudian penulis analisis dan simpulkan sebagai solusi yang diberikan kepada Sekolah Al-Fityan School Tanggerang dalam membina etika komunikasi Islami yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru berperan penting dalam membina etika komunikasi secara islami yakni (1) Komunikasi yang dasar pada kebenaran dan kesabaran, (2) Guru mengajarkan filterisasi kepada peserta didik dalam menerima informasi dari media sosial, (3) Guru mendidik siswanya menghindari sikap saling olok atau bullying, (4) Guru memerankan dalam berkomunikasi dengan cara dan bahasa yang baik.

Keywords


Etika Komunikasi Islami; Pendidikan Berkualitas; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


R. Kriyantono, Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi: Filsafat dan Etika Ilmunya Serta Perspektif Islam, 1st ed. Jakarta: Prenada Media, 2019.

S. H. Priest, J. Goodwin, and M. F. . Dahlstrom, Ethics and Practice in Science Communication. The University of Chicago Press, 2018.

M. Mufid, Etika dan Filsafat Komunikasi, 1st ed. Jakarta: Prenada Media, 2020.

H. Cangara, Etika Komunikasi: Menjadi Manusia yang Santun Berkomunikasi dalam Era Digital, 1st ed. Jakarta: Prenada Media, 2023.

J. S. Wrench, C. Thomas-Maddox, and V. P. Richmond, Quantitative Research Methods for Communication, 4th ed. London: Oxford University Press, 2018.

M. P. Boyle and M. Schmierbach, Applied Communication Research Methods: Getting Started as a Researcher, 3rd ed. London and New York: Routledge, 2024.

S. M. Croucher and D. Cronn-Mills, Understanding Communication Research Methods: A Theoretical and Practical Approach, 4th ed. London and New York: Routledge, Taylor & Francis Group, 2024.

T. Rahardjo, Memahami Metode Penelitian Komunikasi, 1st ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2024.

D. Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, 9th ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.

H. B. Sadig, “Islamic Universals and Implications for Global Communication Ethics,” J. Int. Commun., vol. 23, no. 1, pp. 36–52, Jan. 2017.

E. Kirkbesoglu and A. S. Sargut, “Transformation of Islamic Work Ethic and Social Networks: The Role of Religious Social Embeddedness in Organizational Networks,” J. Bus. Ethics, vol. 139, no. 2, pp. 313–331, Dec. 2016.

R. S. Fortner, “Religious Traditions and Ethics in Communication,” in The Handbook on Religion and Communication, John Wiley & Sons, Ltd, 2023, pp. 55–68.

E. A. Brown, “Ethnic and Cultural Challenges at the End of Life: Setting the Scene,” J. Ren. Care, vol. 40, no. S1, pp. 2–5, Sep. 2014.

F. D. Aprilyawati and N. Nurudin, “Strategi Komunikasi Media Islam alif.id dan ibtimes.id dalam Penyebaran Paham Moderasi,” Islam. Commun. J., vol. 7, no. 1, pp. 35–52, Jun. 2022.

A. Almuzanni, “Iklan Politik: Sebuah Tinjauan Mengenai Etika Komunikasi Islam,” J. Peurawi Media Kaji. Komun. Islam, vol. 1, no. 2, Aug. 2018.

F. Razi, “Komunikasi Islam dan Etika Mujaddalah Menurut Al-Qur’an,” J. Komun. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 94–118, Jun. 2013.

M. Mustafa, “Citra Setya di Jagad Maya (Analisis Semiotika dan Etika Komunikasi Islam Gambar Setya Novanto pada Akun Instagram Detik.Com),” An-Nida’, vol. 41, no. 2, pp. 213–239, Feb. 2018.

A. R. M. Al-Farouqy and M. F. Ridla, “Etika Komunikasi Media Sosial Perspektif Hadis (Kajian Living Sunnah),” Wardah, vol. 23, no. 2, pp. 218–244, Dec. 2022.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.