ANALISIS PEMBELAJARAN KALKULUS: MENGIDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM PENERAPAN TEORI RADATZ PADA MATERI INTEGRAL TENTU
Sari
Kalkulus merupakan mata kuliah inti yang berperan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, analitis, dan kritis mahasiswa, khususnya pada topik integral tentu yang kerap menimbulkan kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral tentu dengan menggunakan kerangka Teori Radatz, yang mengklasifikasikan kesalahan ke dalam lima kategori: kesalahan konsep, prosedur, transformasi, bahasa, dan kecerobohan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 30 mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Biologi di salah satu universitas di Jakarta. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan wawancara, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konseptual (35%) dan prosedural (30%) mendominasi, diikuti kesalahan transformasi (15%), bahasa (10%), dan kecerobohan (10%). Penyebab utama kesalahan meliputi kurangnya pemahaman konsep dasar integral tentu, lemahnya keterampilan aljabar, ketidaktepatan prosedural, serta faktor non-kognitif seperti terburu-buru dan kecemasan. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan pemahaman konseptual yang diintegrasikan dengan latihan prosedural bertahap untuk meminimalkan kesalahan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran kalkulus yang lebih efektif dan tepat sasaran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29
Anggoro, A. Y. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(2), 1–10.
Anwar, R., & Fitriani, W. (2021). Analisis kesalahan transformasi dalam penyelesaian soal integral. Jurnal Pendidikan Matematika Aktual, 3(1), 55–64.
Anwar, R., & Ibrahim, D. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kekontinuan Fungsi. Jurnal Analisis Dan Pembelajaran Matematika., 2(1), 164–175.
Erdriani, D., & Devita, D. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pertidaksamaan dan Fungsi Limit. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 52. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.330
Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3843
Mahayukti, G. A. (2023). analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Kalkulus Integral. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2663–2675.
Muchlis, E. E. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Materi Integral Lipat di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 265–272.
Rahmawati, N., & Mulyono, S. (2020). Analisis kesalahan konseptual mahasiswa pada materi integral tentu. Infinity Journal of Mathematics Education, 9(1), 45–54.
Saparwadi, D. E. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menentukan Penyelesaian Pertidaksamaan Nilai Mutlak dalam Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 75–84.
Siregar. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Mutlak. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 123–134.
Suharto, E. (2019). Kesalahan prosedural mahasiswa pada materi integral tentu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 23–32.
Ummah, M. S. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral Tak Tentu pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(2), 1–14.
Wulandari, R., & Setiawan, B. (2019). Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kekontinuan Fungsi: Sebuah Analisis Kualitatif. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(3), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.xxxx/jpmi.v5i3.78901
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.