PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS VIII DI SMP NURUL IMAN DEPOK
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan Diri terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas VIII di SMP Nurul Imam Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif survey korelasional. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 30 siswa kelas VIII DI smp Nurul Iman Depok dengan menggunkan teknik sampling proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essay dang angket. Uji persyaratan analasis data dilakukan dengan uji normalitas menggunakan Chi-Kuadrat yang diketahui variabel Y (Kemampuab Berpikir Kreatif IPA) berdistribusi normal, namun variabel X (Kepercayaan Diri) berdistribusi normal. Uji Linearitas diperoleh model regresi data adalah refresi linear. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan didapat sebesar (0,074) dan pada taraf signifikan 5% atau (0,05) untuk uji satu pihak sebesar 2,03. Karena maka diterima. Dengan demikian hasil uji hipotesis yaitu terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA siswa. Dalam Uji Keberartian Regresi diketahui bahwa maka diterima. Artinya tidak terdapat pengaruh yang bearti/signifikan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.
Amtiningsih., dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Jurnal Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Sebelas Maret 13 (1).
Asriani, R., Hakim, A., & Efwinda, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi pada materi Momentum dan Impuls. 2(1), 34-43.
Darmawan, E. et al. (2021) Strategi Belajar Mengajar Biologi Magelang: Penerbit Pustaka Rumah Cinta.
Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemahaman matematik Siswa SMP. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1-7.
Ernitasari, A. O., Susanto, S., Safrida, L. N., Sunardi, S., & Oktavianingtyas, E. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Ditinjau Dari Self-Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1231-1242.
Fadhilah, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multi Representasi pada Materi Sistem Pernapasan Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik diKelas XI Lintas Minat Biologi SMA Srijaya Negara Palembang (Skripsi). Universitas Sriwijaya, Palembang.
Ghufron, N., & Risnawita, R. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Meika, I., & Sujana. A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Mathla'ul Anwar Banten, 10(2), 9-15.
Kusdinar, U., Sukestiyarno, S., Isnarto, I., & Istiandaru, A. (2017). Krulik and Rudnik Model Heuristic Strategy in Mathematics Problem Solving. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(2), 205-210.
Pratiwi, I., Yulianti, D., Malinda, P., Pitriyani, P., Hajar, M. S., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Self Confidence Siswa Smp Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 667-672.
Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 31-41.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukardi, M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(2), 134-141. doi: 10.26740/jp.v2n2.p134-142.
Wanjani, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Biologi Di MTs Negeri 1 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Winarsih, P., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan self confidence terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 895-902.
Zelviana, E. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kepercayaan Diri Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X Sma N 1 Natar Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.