UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD): SEBUAH SOLUSI UNTUK PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
Sari
Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dirancang agar dapat membantu peserta didik mencapai pemahaman mendalam dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, bukan hanya menghafal informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Understanding by Design sebagai sebuah solusi untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan Understanding by Design (UbD) sebagai sebuah kerangka dan strategi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pustaka yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Understanding by Design (UbD) dapat menjadi sebuah solusi agar pembelajaran lebih efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kerangka UbD dapat meningkatkan keterlibatan dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan meningkatkan pemahaman siswa. Dalam pendekatan UbD, guru berperan sebagai perancang pembelajaran yang merencanakan serta menyelaraskan antara tujuan, penilaian, dan kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astin, L. (2019). Pendidikan 4.0 di Era generasi Z: tantangan dan solusinya. Prosiding Seminar Nasional, 2(2).
Avelina, O., Atika, S., Annisa, N. (2024). Membangun Pemahaman yang Mendalam dalam Pembelajaran dengan Prinsip Understanding by Design (UbD). doi: https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2
Lusi, A dan Leli, H. (2023). Tantangan pembelajaran abad-21: Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 54-61.
McTighe, J., & Wiggins, G. (2012). Understanding By Design Framework. Alexandria, VA: Association for Supervision, 1–13. ftp://ftp1.sd34.bc.ca/ProD/VC/BackwardDesign/UbD_WhitePaper0312.pdf
Moto, Maklonia Meling.(2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(3), 20-28.
Muhammad, A., Sugiyanti., Dina, P., & Gunarto. (2024). Understanding by Design (UBD) pada pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(2), 169-179. https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i2.1632
Mulyani, A., Setiadi, E., & Nurbayani, S. (2023). Backward Design : Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(3), 798-808. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7766
Nashira, A., & Laksmi, K. A. (2023). The Implementation of Understanding by Design Approach in Mathematics Learning on Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran Sekolah Dasar, 7(1), 16-24. https://doi.org/10.59756/jippsd.v7i1.13
Rifa, H., Nurul, S., Chitta, S., & Rizal, M. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 36–44.
https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5816
Sariyanti, S., Indarwati, D., & Darmawan, I. (2024). Pendekatan Understanding By Design Sebagai Strategi Pengembangan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 5(2), 57–63. https://doi.org/10.29303/pendas.v5i2.5391
Soeprapto, S. (2013). Landasan aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dalam perspektif filsafat pendidikan. Cakrawala pendidikan: 273.
Suyatno. (2024). Dasar-dasar pendidikan. Jakarta:Bumi aksara.
Syahputra. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1, 1276-1283.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.