Semiotika Komunikasi Visual pada Kampanye Media Daring Organisasi Difabel Akar Tuli

Angga Kusuma Dawami

Abstract


Organisasi difabel juga megeluarkan produk-produk iklan yang diproduksi guna membantu komunikasi visual mereka untuk mencapai tujuan organisinya. Akar Tuli merupakan salah satu organisasi difabel Tuli yang menggunakan sosial media pada media daring untuk mempublikasikan karya-karya kampanyenya. Tulisan ini membahas tentang bagaimana semiotika komunikasi visual dari kampanye digital yang dilakukan oleh Akar Tuli. Dengan menggunakan pendekatan semiotika, dan analisis semiotika komunikasi visual, karya-karya kampanye digital Akar Tuli mampu diklasifikasikan berdasarkan tanda, kode, dan makna yang terkandung didalamnya. Didapatkan bahwa ketiga iklan yang telah dibahas dalam tulisan dengan menggunakan semiotika komunikasi visual menunjukkan adanya kode-kode kebudayaan, simbolik, dan narasi dalam menampilkan poster digital mereka. Wacana-wacana yang mendalam dari poster yang telah dipaparkan belum menunjukkan kedalaman materi yang diangkat. Hanya sebagai sebuah peringatan hari besar, atau sebuah momen, atau hanya sebagai undangan terbuka.


Keywords


Semiotika; Komunikasi Visual; Difabel Tuli; Kampanye Media

Full Text:

PDF

References


Dawami, A. K. (2017). Logo sebagai Komunikasi Visual dari Identitas Organisasi Tuli. Jurnal Magenta SMTK Trisakti Vol. 2 No. 1. Jakarta: LPPM STMK Trisakti

Rahayu, S. (2014). Untuk Apa Seni?pada artikel Desain dan Ruhnya Kini. Bandung: Matahari.

Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE Desain Komunikasi Visual-Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS

https://www.instagram.com/akartuliofficial/?hl=en diakses pada Minggu, 3 September 2017 pada 07.14

https://twitter.com/akartuli?lang=en diakses pada Minggu, 3 Setember 2017 pada 08.15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.