Penerapan Metode Project Based Laerning untuk Meningkatan Mutu Pembelajaran Nirmana bagi Mahasiswa DKV

Enny Nurcahyawati, Yakub Yakub

Abstract


Pengamatan ini didasarkan pada hasil belajar mahasiswa dalam belajar nirmana yang belum maksimal. Dikarenakan proses pembelajaran lebih banyak didominasi oleh pendidik. Pedidik masih menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu pola pengajaran pendidik masih memberikan informasi dan contoh, tapi tidak memberikan kebebasan mengembangkan ide kreatif mahasiswa. Nirmana adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa rupa, baik 2 (2D) dimensional maupun 3 (3D) dimensional. Nirmana mengajarkan unsur atau elemen yang ada pada suatu lukisan atau gambar serta estetika seni dalam mengorganisir unsur atau elemen agar menjadi karya seni yang bukan hanya bagus tapi bermakna, apabila dalam penyampaiannya menggunakan metode/model Problem Based Learning (PBL). Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode/model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar nirmana. Jenis penelitian ini adalah pengamatan dan analisis, menggunakan pendekatan kualitatif


Keywords


Project Based Learning; Nirmana

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Jakarta: Prenada Media.

Duffy, T.M. dan Jonassen, D.H. (1992). Constructivism and The Technology of Instruction Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erbaum Associates

Fatah, N. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Irawan, B. dan Tamara, P. (2013). Dasar-dasar Desain, Jakarta: Griya Kreasi.

John, D. (1934), Art as Experience, The Berkeley Publishing Group; New York.

Johnson, E. B. (2012). CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.

Kemdikbud. (2013). Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning).

Mclsaac, M.S. dan Gunawardena. (1996). Handbook of Research for Educational Communications and Technology, New York: AECT

Percival, F. dan Ellington, H. (1993). A Handbook of Educational Technology, London: Kogan Page.

Prihantoro, C. R. (2012), Konsep Pengedalian Mutu, Bandung; Remaja RosdaKarya.

Sallis, E. (2011). Manajemen Mutu terpadu pendidikan, Jogyakarta: IRCisoD.

Sanyoto, S.E. (2010), Nirmana elemen-elemen seni dan desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Seels, B. dan Richey, R.C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field, Washington, DC: AECT

Slameto. (2011). Sertifikasi Guru Bahan Ajar, Semarang: Universitas Negeri Semarang

Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: ANDI.

Usman, H. (2010). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan Edisi 3, Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi dan Kriswandani, (2010). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Salatiga: UKSW


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.