Perancangan Ulang Desain Tampilan Media Pembelajaran Interaktif : Kartu Permainan Terminologi Arsitektur

Meiliana Kartaatmadja

Abstract


Terminologi adalah istilah khusus yang digunakan dalam suatu bidang studi tertentu. Terminologi memampukan orang-orang dengan ranah profesi yang spesifik, untuk dapat berkomunikasi secara jelas. Melalui terminologi, ide-ide dapat dikomunikasikan dengan cepat tanpa harus memberikan penjelasan yang panjang lebar. Hal ini menjadikan terminologi sebagai salah satu aspek dasar yang penting untuk dipelajari dalam setiap bidang studi. Berdasarkan pertimbangan pentingnya peran terminologi dalam bidang studi dan ranah keprofesian, maka muncul ide untuk menciptakan eksperimen menggunakan kartu permainan sebagai salah satu media pembelajaran interaktif dalam kelas studio pengantar arsitektur dasar. Dalam perancangan kartu permainan itu sendiri terdapat 5 kriteria penting, salah satunya adalah desain. Desain memiliki peranan penting yang berdampak terhadap penyampaian maksud dan pesan yakni tujuan dari kartu permainan terminologi arsitektur itu sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah mengenai tampilan visual kartu permainan terminologi arsitektur yang mencakup pemilihan font, layout kartu permainan, ukuran kartu, material yang digunakan untuk pembuatan kartu permainan, pengelompokan materi, aturan main, desain instruksi permainan, dan ergonomi. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dimana dilakukan komparasi antara desain sebelum dan sesudah perancangan ulang kartu permainan. Tujuan penelitian ini dalam ranah pendidikan adalah untuk memaksimalkan peran visual pada kartu permainan yang digunakan sebagai media pembelajaran interaktif. Penggunaannya di luar kepentingan akademik, bertujuan untuk menjangkau masyarakat luas yang belum maupun telah, memiliki ketertarikan terhadap ranah arsitektur.


Keywords


Desain; Arsitektur; Media Pembelajaran Interaktif; Terminologi; Kartu Permainan

Full Text:

PDF

References


Alban, J., & Florian, T. (2007). Fundamental Concepts of Architecture: The Vocabulary of Spatial Situations. Switzerlan: Birkhäuser.

Amy, G., & Ben, J. (2012). Best Practices for Graphic Designer. Grid & Page Layouts: An Essential Guide to Understanding & Applying Page Design Principles. UK: Rockport Publishers.

Catherin, P. H. (1930). A History of Playing Cards and a Bibliography of Cards and Gaming. Boston: New York, Houghton Mifflin company.

http://galileo.org/teachers/designinglearning/articles/what-isinquiry/ (akses kamis, 31 agustus 2017)

http://teaching.uncc.edu/bestpractice/150-teaching-methods (akses kamis, 31 agustus 2017)

http://www.bbc.com/indonesia/majalah-39302916 (akses kamis, 31 agustus 2017)

http://www.origami-fun.com/origamitriangle-box.html (akses minggu, 3 september 2017)

http://www.speakyourlanguages.com/courses/unit01/ter03/01ter03.htm (akses kamis, 31 agustus 2017)

http://www.wopc.co.uk/history/ (akses kamis, 31 agustus 2017)

https://www.merriamwebster.com/dictionary/terminology (akses kamis, 31 agustus 2017)

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3940466/(akses kamis, 31 agustus 2017)

Jury, D. (2009). What is Typography? (Essential Design Handbooks). UK: RotoVision.

Patrick, B., & John, M., C. (2014). Inquiry Based-Learning for the Arts, Humanities, and Social Sciences : A Conceptual and Practical Resources for Educators. UK: Emerald Group Publishing Limited.

Richard, V. E. (2010). Gaming and Cognition: Theories and Practice from the Learning Sciences. USA: University of North Dakota


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.