Representasi Muslimat dalam Iklan Komersial Televisi Indonesia Masa Tayang 2013-2017

Muhammad Iqbal Qeis, Ahmad Faiz Muntazori, Nurulfatmi Amzy

Abstract


Televisi sebagai salah satu media massa di era modern dapat menjadi sarana penyebaran gagasan akan konstruksi sosial, salah satunya melalui iklan komersial televisi (television commercial atau TVC). Visualisasi dalam TVC menjadi sesuatu yang mampu memproduksi identitas budaya dalam masyarakat. TVC sebagai media yang memiliki unsur persuasi kemudian dapat mengarahkan masyarakat menuju hal yang direpresentasikan oleh visualisasi dalam iklan, salah satunya terkait mengenai citra muslimat Indonesia dalam TVC yang mulai banyak dimunculkan pasca momen Hijab Hunt 2012. Sebagai salah satu momen di Indonesia yang mengukuhkan gaya busana muslimat sebagai penggayaan mode, wacana ―menutup aurat tapi tetap modis dan fashionable‖ menjadi jiwa yang diusung oleh peserta Hijab Hunt yang kemudian mempopulerkan penggunaan busana muslimat dalam media dan masyarakat. Tulisan ini akan menganalisis 30 TVC Indonesia masa tayang 2013-2017 menggunakan analisis visual dengan pendekatan semiotika Peirce terkait methodeutic Peirce yang dapat mengungkap representasi identitas dalam TVC berdasarkan terjadinya substitusi antar elemen, yaitu substitusi dalam level ikonik (metaphor) dan substitusi referensi/asosiasi dalam level indeksikal (metonymy) untuk melihat gagasan akan identitas muslimat Indonesia yang direpresentasikan dalam proses produksi citra pada TVC. Hasil analisis memperlihatkan adanya konstruksi citra muslimat Indonesia berupa gagasan akan identitas keperempuanan yang mengarah kepada konsep feminisme liberal yang dipadankan dengan nilai syariat Islam.


Keywords


Representasi; Muslimat Indonesia; Media; Iklan Komersial Televisi

Full Text:

PDF

References


Barnard, M. (2011). Fashion statements: communication and culture. Loughborough University Institutional Repository. 1-9. Diakses 6 Agustus 2017 dari https://dspace.lboro.ac.uk/dspacejspui/bitstream/2134/15122/3/BarnardFashStatements.pdf.

Davis, F. (1992). Fashion, Culture, and Identity. London: Univ. of Chicago Press.

Durham, M. G. dan Douglas M. K. (2006). Media and Cultural Studies: Keyworks. Victoria: Blackwell.

Fowles, J. (1996). Advertising and Popular Culture. California: SAGE.

Hall, S. (1990). Cultural Identity and Diaspora. Dalam J. Rutherford (ed.), Identity: Community, Culture, Difference (hal. 222-237). London: Lawrence and Wishart.

Hall, S. dan Paul du G. (ed.). (1996). Questions of Cultural Identity. London: SAGE.

Hasan, N. dan Irfan A. (ed.). (2011). Islam di Ruang Publik: Politik Identitas dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia. Jakarta : Center for The Study of Religion and Culture (CSRC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lang, J. (1994). Struggling to Surrender: Some Impressions of an American Concert to Islam. USA: Amana Publications.

Leeuwen, T. dan Carey J. (2008). Handbook of Visual Analysis. London: SAGE.

Malefyt, T. dW. dan Brian M. (2003). Advertising Cultures. Norfolk: Berg.

Melody. (n.d.). Perkembangan Pengguna dan Gaya Baju Muslim Moderen. Diakses 6 Agustus 2017 dari https://www.laksani.com/perkembangan-pengguna-dan-gaya bajumuslim-moderen/

Menilik 6 Gaya Busana Muslim Masa Kini Sesuai Kepribadian. (n.d). Diakses 6 Agustus 2017 dari http://busanamuslimodern.com/menilik-6-gaya-busana-muslim-masakini-sesuai-kepribadian/.

Negrin, L. (2008). Appearance and Identity: Fashioning the Body in Postmodernity. New york: Palgrave.

Nöth, W. (1990). Handbook of Semiotics. Indianapolis: Indiana Univ. Press.

Rose, G. (1996). Visual Methodologies. London: SAGE.

Simmel, Georg. (1957). Fashion. The American Journal of Sociology, Vol.62, No.6, 541-558. Diakses 6 Agustus 2017 dari http://sites.middlebury.edu/individualandthesociety/files/2010/09/Simmel.fashion.pdf.

Smith, K. dkk. (2005). Handbook of Visual Communication. New Jersey: LEA.

UNESCO. (2005). Convention on the Protection and Promotion of the Diversity of Cultural Expression. Paris.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.