Hubungan Desain Kemasan dan Display Produk Teh Siap Minum pada Gerai Ritel terhadap Persepsi Konsumen

Ni Annisa Nur Adha, Intan Rizky Mutiaz, Achmad Syarief

Abstract


Produk teh siap minum merupakan salah satu kategori produk yang memiliki banyak variasi merek yang dijual dalam satu gerai ritel. Produsen merek tersebut melihat potensi pasar yang menguntungkan, namun terdapat kemungkinan konsumen akan kebingungan dalam memilih variasi produk yang terlalu banyak karena kompetisi produk yang ketat. Penelitian ini berfokus pada identifikasi persepsi konsumen terhadap desain kemasan dan display produk teh siap minum pada gerai ritel. Identifikasi persepsi konsumen dapat digunakan sebagai dasar strategi pembuatan desain kemasan dan penentuan display produk yang dapat bersaing di antara variasi merek yang banyak. Objek yang menjadi sampel eksperimen adalah Nu Green Tea dan Liang Cha yang dijual di dua gerai Indomaret. Penelitian dibagi menjadi dua tahap, yaitu eksperimen dan kuesioner, dalam tahap eksperimen, responden diminta untuk menggunakan kacamata kamera dan mencari dua objek produk di dua gerai Indomaret. Setelah itu, responden diminta untuk mengisi kuesioner mengenai persepsi produk berdasarkan stimuli pada eksperimen, yaitu desain kemasan dan display produk Nu Green Tea dan Liang Cha. Berdasarkan hasil penelitian, desain kemasan dan display produk memiliki pengaruh pada persepsi konsumen terhadap kualitas, estetika, kejelasan informasi, kemudahan mencari, product awareness, dan minat beli. Nu Green Tea dan Liang Cha ditaruh dalam tingkatan rak produk yang sama, yaitu stoop level, namun Nu Green Tea dianggap lebih unggul dibanding Liang Cha dalam berbagai aspek. Penelitian ini merupakan studi pendahuluan yang dapat digunakan dalam penelitian lanjutan yang berhubungan dengan desain kemasan dan display produk pada gerai ritel.

Keywords


Desain; Kemasan; Display; Persepsi; Ritel

Full Text:

PDF

References


Alexandra, Toma A., Cipirian, Tudor,C. (2013). The Effect of Shelf Display on Purchasing Decision. Romanian Journal of Experimental Applied Psychology, 4(4), 54-72.

Aliaga, M., Gunderson B. (2006). Interactive Statistics, 3rd Edition. Pearson, hal. 384

Ampuero,O., Vila,N. (2006). Consumer Perception of Product Packaging. Journal of Consumer Marketing, 23(2),100-112.

Aprilianty, F. (2013). A Comparative Study using Electroencephalograph (EEG) and Conjoint Analysis to Understand the Effect of Underwear Product Cues on Consumer’s Choice. Master of Science in Management Institut Teknologi Bandung, 10-71.

Atalay, S., Bodur,O., Rasolofoarison, D., (2012). Shining in the Center: Central Gaze Cascade Effect on Product Choice. Journal of Consumer Research, 39(4),848–866.

Beger, J., Draganska, M. (2006). The Influence of Product Variety on Brand Perception and Choice. Standford University. Working Paper No. 1938.

Chernev, A., Hamilton, R. (2009). Assortment Size and Option Attractiveness in Consumer Choice Among Retailers. Journal of Marketing Research, 410, 410–420.

Choudhary, S. (2014). Impact of Shelf Space on Purchase Behavior of Consumer. Journal of Business and Management & Social Sciences Research, 3,28,32.

Deng, X., Kahn, B. E., Unnava, H. R., & Lee, H. (2016). A “wide” variety: Effects of horizontal versus vertical display on assortment processing, perceived variety, and choice. Journal of Marketing Research, 53(5), 682-698.

Ebster, C., Garaus, M. (2015). Store Design and Visual Merchandising (2nd ed.). New York: Business Expert Press.

Hefer, Y., & Cant, M. C. (2013). Visual merchandising displays effect on consumers: A valuable asset or an unnecessary burden for apparel retailers. International Business & Economics Research Journal (IBER), 12(10), 1217-1224.

Lavrakas, P. (2008). Encyclopedia of Survey Research Methods. SAGE Research Methods, 293.

Neha, P., Mehta, L. (2016). Visual Merchandising And Consumer Buying Behavior: Comparison Between Two Product Categories. Global Business and Technology Association, 311-318.

Rosner, M., Krasovec, Sandra A., (2006). Packaging Design Successful Product Branding from Concept to Shelf. John Willey & Sons, Inc. 259

Ruumpol, I. (2014). In the eye of the consumer: The influence of package shape and package color on perceived product healthfulness. Master Thesis Communication Studies, Enschede, 83 hal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.