Citra Dalam Video Game A Space For The Unbound Tahun 2023

Haryo Wiwoho, Muammar Qursheva Azhar Wijaya, Mahfud Azkar, Ahmad Harry Rizky

Abstract


Pengertian game adalah permainan yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan kalah, biasanya tidak serius serta dengan tujuan refreshing. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka masalah dari penelitian ini ialah bagaimana game A Space For The Unbound dapat menghadirkan estetika interaksi bagi para pemain yang terkait dengan hubungan sosial pemain. Metode penelitian yang digunakan mengunakan pendekatan kualitatif di mana, penelitian kualitatif mengkaji perspektif partisipan dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Lalu dijabarkan secara deskriptif dengan menggunakan perspektif budaya visual dengan mengaplikasikan teori mitos Dalam menganalisis objek tersebut digunakan teori mitos dalam budaya visual dimana mitos merupakan cara untuk mengkonseptualisasikana atau memahami sesuatu. A Space for the Unbound sendiri merupakan game petualangan dengan style Pixel art. Game
ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu latar game-nya yang menggambarkan Indonesia di tahun 90-an. Jalan cerita merupakan salah satu aspek yang paling penting sebagai game petualangan. Game ini menceritakan tentang dua orang siswa dan siswi SMA yang saling bersahabat mengandung problematika remaja dibumbui dengan plot misteri supernatural. Kesimpulan dari "A Space for the Unbound" adalah bahwa game ini menggabungkan elemen-elemen budaya visual Indonesia dengan cerita yang mendalam dan nuansa emosional. Game ini menggunakan gaya seni piksel yang populer. mengambil latar belakang desa kecil di Indonesia pada tahun 90-an. Serta musik dalam game ini terinspirasi oleh aliran musik Indonesia, seperti gamelan dan musik tradisional Jawa.


Full Text:

PDF

References


Andersson, J. (2011). Defining Nostalgia And Its Functions.

Amirullah, M., & Sumardi, L. (2023). Dampak Wasting Time terhadap Proses Belajar pada Anak Remaja di Kelurahan Kekalik Jaya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 726-730.

Axelsson, E. (2020). Building experience for Seichi Junrei" Anime pilgrimage".

Barthes, R. (1972). Mythologies. New York: The Noonday Press

Barthes, R. (2010). Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa. Yogyakarta; Jalasutra

Esa, T. F. A. (2016). Sistem informasi unit kegiatan mahasiswa taekwondo universitas islam indonesia (Doctoral dissertation, UII).

Kementerian PPN / Bappenas. (2020) Pedoman Teknis Perencanaan Aksi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SGDs). Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Jakarta. 114

Kylmäaho, N. (2019). “Pixel Graphics in Indie Games”. Bachelor Thesis. Finlandia. Tampere University of Applied Sciences Media and Arts Interactive Media.

Martyastiadi, Y. S. (2019). Estetika Interaksi dalam Game: Perkembangan Teknologidan Pengalaman Bermainnya. Gladi Nalar.

Novantoro, A. (2016). TA: Perancangan Game Platform Bergenre Side Scrolling Tentang Sandi Morse Berjudul "Morse" (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Pontes, H. M. (2018). Making the Case for Video Game Addiction: Does It Exist or Not? Video Game Influences on Aggression, Cognition, and Attention, 41-55

Pribadi, R. K. (2016). TA: Pembuatan Game Lagu Anak-Anak Bergenre Rhythm Game Sebagai Media Pembelajaran dan Pengembangan Anak Dusia Dini (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Utomo, P. R., Hutama, K., & Sunarya, Y. Y. (2022). IMERSI DAN NOSTALGIA DALAM GAME A SPACE FOR THE UNBOUND. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 5(1), 55-80.

Yahya, F. A., Ahmad, I., Roszali, F. F., & Sarudin, N. (2021). A review on Mobile Game Learning Applications trends.International Journal of Engineering Trends and Technology, 1–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.