Analisis Teori Mitos Roland Barthes pada Iklan AQUA “Burung Botol”

Andre Adika Pangestu

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang mitos yang terdapat pada iklan Aqua dengan menggunakan pendekatan melalui Semiotika Roland Barthes. Mengkaji hubungan antara visual melalui nilai- nilai tanda, konsep semiotika yang dikaitkan dengan emosional interpretasi seseorang terhadap visualisasinya. Masalah dalam penelitian ini adalah mengkaji atau meneliti iklan Aqua dalam membuat visualisasi mitos di dalamnya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengungkapkan mitos dari iklan Aqua yang dimana isi dari iklan ini terdapat visualisasi yang tidak masuk akal. Hasil penelitian menunjukan bahwa visualisasi iklan Aqua berusaha membangun imajinasi dengan rangkaian strategi seperti membuat dan menerbangkan pesawat besar dari botol pelastik tanpa mesin dan pilot, pengalaman multiindera, penegasan visi, dan imajinasi untuk menjalin komunikasi dengan konsumen sebagai aktualisasi diri.


Full Text:

PDF

References


A Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Muhammad Ideis. (2020). “Sejarah Aqua, Didirikan Tirto Utomo hingga Dibeli Danone Prancis”. Kompas.com.

Barthes, R. (1991). Mythology. New York: The Noonday Press.

Barthes, Roland. (2007). Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Terjemahan Ikramullah Mahyuddin. Yogyakarta: Jalasutra.

Barthes, Roland. (2010). Imaji, Musik, Teks (Analisis Semiologi Atas Fotografi, Iklan, Film, Musik, Alkitab, Penulisan dan Pembacaan Serta Kritik Sastra). Terjemahan Agustinus Hartono. Yogyakarta: Jalasutra.

Barthes, Roland, Mitologi, (Terj. Nurhadi & Sihabul Millah), Kreasi Wacana, Yogyakarta, 2004. Kriyantono, R. (2021). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif : disertai contoh praktis skripsi, tesis, dan disertasi riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Riansyah, A. M. (2020). Makna Pesan Pada Iklan Rokok Djarum 76 “Jadi Caleg Cerdas”(Analisis Semiotika Roland Barthes). (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Shofa, F., & Utami, MA (2017). Menyingkap makna dan tanda dalam iklan rokok a-mild versi “Hasrat”: Kajian semiotika. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa , 6 (2), 180-197.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Indiwan Seto W. 2013. Semiotika Komunikasi 2: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Widyatama, R. (2007). Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.