Analisis Iklan Gojek "Cerdikiawan" Menggunakan Metode Semiotika

Rafa Fida Naufal

Abstract


Gojek adalah perusahan yang bergerak dalam bidang transportasi dan jasa online. Salah satu media promosi yang di gunakan oleh perusahaan Gojek berupa iklan. Gojek berdiri pada tahun 2015 oleh Nadiem Makarim yang merupakan lulusan dari Master Of Business Administration di Havard Business School. Layanan yang disediakan adalah transportasi umum online dan jasa yang diakses menggunakan aplikasi telepon genggam. Tujuan penelitian ini yaitu menemukan makna dibalik iklan Gojek “Cerdikiawan”. Peneletian ini menggunakan teori setmioktika guna mengetahui makna didalam adegan di iklan Gojek “Cerdikiawan”. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan desktiptif. Analisis dalam iklan Gojek “Cerdikiawan” adalah analisis yang dilakukan untuk memperjelas makna dari unsur semiotika dalam objeknya dan makna dari iklan tersebut. Kesimpulannya yaitu iklan Gojek versi “Cerdikiawan” ini merupakan salah satu iklan yang mengajak masyarakat menjadi sosok Cerdikiawan, yang terdapat pesan dan makna dari iklan ini untuk membranding Gojek sebagai aplikasi cerdik dan mampu menjawab segala bentuk permasalahan kehidupan dengan kreatif dan sederhana.


Full Text:

PDF

References


Berger, L. P., Luckmann, Thomas. 1966. The Social Construction of Reality. Unites States: Anchor Book.

Bungin, Burhan. 2003. Analisa Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada 2008.

Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Prenada Media Grup.

Kotler, P., Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemesanan Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Preneda

Media Group. Monica, Luzar. L.C. (2011). Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Desain. Humaniora, II, 1090.

Putri, P.K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran:Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. The Massanger, VIII, 2.

Siswono. T. (2020). Analisis Semiotika Solv Sebagai Logo Baru Gojek. Seminar Nasional Envisi 2020 : Industri Kreatif, 225-226.

Sobur, Alex. (2015). Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, Dan Analisis Framing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.