Representasi Feminisme pada Poster Film “Black Swan” Karya Marlena Lovett dengan Teori Gaze

Alfian Prayoga, Muhammad Yanuar Adzani Zuhry, Chatralia Adysvera Harivian

Abstract


Poster merupakan salah satu media dalam menyampaikan sebuah pesan berupa penggabungan visual gambar, huruf, serta warna. Poster biasanya digunakan dalam periklanan maupun sebuah promosi, bertujuan untuk mengumumkan suatu informasi yang dapat mengajak keinginan dari pembaca. Poster film menjadi suatu bentuk promosi
yang dilakukan oleh industri perfilman untuk mengumumkan karya film yang akan
ditayangkan. Poster film juga dapat merepresentasikan makna dari objek-objek gambar
yang terdapat pada poster. Pada penelitian ini, analisis akan berfokus pada objek-objek
yang terdapat pada poster film berjudul Black Swan karya Marlena Lovett, untuk
mengetahui bagaimana representasi feminisme yang terdapat pada poster. Penelitian
menggunakan metode analisis isi pendekatan kualitatif dengan teori gaze yang
memfokuskan simbol-simbol atau tanda yang terdapat pada poster. Hasil dari penelitian
menunjukan bahwa poster film Black Swan karya Marlena Lovett ini merepresentasikan
feminisme, melalui objek-objek gambar, maupun penggunaan warna yang ditampilkan
pada poster. Analisis dari beberapa objek yang diantaranya seperti mahkota dan riasan,
yang merepresentasikan feminisme dari poster film Black Swan karya Marlena Lovett.


Full Text:

PDF

References


Berger, John. (1972). Ways of Seing, British Broadcasting Corporation and Penguin Books, England.

Brian, A. H. (2020). Tinjauan Karya Desain Poster Quotes Dalam mata Kuliah Tipografi Dasar. Tangerang:Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan.

Creswell, John W. (1994). Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif. (Nur Khabibah., et. all, Penerjemah). Jakarta : KIK Press

Dant, Tim. (1996). Fetishism and the Social Value of Objects. Lanchester University, diiunduh dari Young, R. F. 2007. Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Heller, Steven. (2004). The Education of a Typographer. All Worth Press.

Jacobsson, Eva-Maria. (1999). ”A Female Gaze?”, dalam CID Center for User Oriented IT Design, Stockholm, Sweeden.

Johnson, B. & Christensen, Larry. (2012). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (4th ed). London: SAGE Publication Ltd.

Laras, Sekar. (2022). Film Black Swan dan Delusi tentang Kesempurnaan Abadi. Diakses dari

https://www.nongkrong.co/sinopsis/pr-4315736233/film-black-swan-dan-delusi-

tentang-kesempurnaan-abadi

Limantoro, San. (2019). Analisis Kemiripan Tanda Visual Poster Film Horor Indonesia Terhadap Poster Film Luar Negeri.

Mulvey, Laura. (2005). “Visual Pleasure and Narative Cinemma,” dalam Visual Culture:The Reader, (ed) Jessica Evans & Stuart Hall, Sage Publication.

Perdana, H. P. (2015). Makna Poster Promosi Sinetron Ganteng–Ganteng Serigala (Studi Analisis Semiotika). eJournal Ilmu Komunikasi, 2015, 3(3) 200-210.

Ristanta, S., & Ratmanto, T. (2015). Representasi Gender dalam Poster film Midnight In Paris. Prosiding Hubungan Masyarakat, 153-162.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran, (Jakarta:Kencana Prenadia Media Group, 2012), hlm.162.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.