Analisis Visual pada Fenomena Endorsement Selebgram di Indonesia

Candra Hapsari Maharani, Ia’Anah Ia’Anah, Muhammad Raihan

Abstract


Pesatnya era modern mempengaruhi cara kita dalam memandang semua hal terutama
pada media sosial. Selebgram memiliki pengaruh besar dalam media sosial dan memanfaatkan popularitasnya untuk endorsement. Dibagi menjadi nano, mikro, makro,
dan mega influencer, dengan engagement rate dan citra menjadi faktor penentu. Sistem
endorsement juga melibatkan seleksi KOL, negosiasi, dan pelaporan engagement.
Meskipun endorsement memiliki manfaat, seperti peningkatan penjualan, juga ada
kelemahan, seperti kurangnya umpan balik. Citra visual selebgram mempengaruhi
pengikutnya. Secara keseluruhan, endorsement dengan selebgram adalah strategi
pemasaran efektif, tetapi pemilihan KOL dan pengelolaan yang baik sangat penting.


Full Text:

PDF

References


Manurung, K. (2022). Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi. Filadelfia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 285-300.

Sutriono, S., & Haryatmoko, H. (2018). Selebriti dan Komodifikasi Kapital di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 14(2), 99-119.

Yuanita, D. (2021). Peran key opinion leader dalam strategi public relations pada komunikasi krisis perusahaan. PRofesi Humas, 6(1), 23-44.

Irnando, K. (2021). Presentasi diri influencer dalam product endorsement di instagram. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 509-532.

Kertamukti, R. (2015). Instagram dan pembentukan citra (Studi kualitatif komunikasi visual dalam pembentukan personal karakter account instagram@ basukibtp). Jurnal Komunikasi Profetik, 8(1), 57-66.

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard dalam Dunia Komunikasi Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247-260.

IKHWANTO, A. Q. (2019). PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN PENINGKATKAN ONLINE CUSTOMER ENGAGEMENT. Jurnal Kommas.

Isnaini, H. (2022). Citra Perempuan dalam Poster Film Horor Indonesia: Kajian Sastra

Feminis. DIALEKTIKA: JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA, 9(2), 172-184.

kemenkeu.go.id. (2019, 06 Maret). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Diakses pada 17 Juli 2023 pukul 22.57 WIB pada https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

Kompas.tv. (2021, 23 Oktober). Mau Jadi Selebgram,Ketahui Dulu Apa itu Endorse dan Engagement Rate?. Diakses pada 18 Juli 2023 pukul 17.25 WIB pada https://www.kompas.tv/klik360/224630/mau-jadi-selebgram-ketahui-dulu-apa-itu-endorse-dan-engagement-rate

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan instagram sebagai sarana promosi oleh pengelola industri kreatif fashion di kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 2.

Kansha, D. R. (2017). Efektivitas penggunaan endorsement oleh online shop giyomi di media sosial Instagram (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Anggita, P. A. D., & Manafe, L. A. (2021). Endorsement Sebagai Strategi Pemasaran Ditinjau Dari Etika Bisnis Pada PT Murbey Pasti Sukses. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 293-301.

Baharsyam, S., & Wahyuti, T. (2022). Strategi Penggunaan Key Opinion Leader (KOL) Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk Sania Royale Soya Oil. Konvergensi: jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.