Analisis Fenomena Permasalahan Sosial Pada Film Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Alvin Arastone, Erizal Fathoni, Iverka Arsyandodi, Fadli Harisman

Abstract


Objek dari penelitian adalah Film berjudul Alangkah Lucunya (Negeri Ini). Permasalahan
sosial yang terjadi pada film yang melibatkan anak jalanan yang bekerja sebagai pencopet dan fenomena sosial lainnya menjadi permasalahan utama dalam analisis ini. Dimana menganalisis setiap fenomena yang menyangkut permasalahan sosial di dalamnya dan bagaimana korelasi dan penggambaran yang serupa dengan realita yang ada dengan melakukan analisis deskriptif secara kualititatif dengan pendekatan fenomologi dalam membedah setiap fenomena dalam scene berdasarkan peristiwa atau situasi yang mengacu pada kenyataan serta melakukan analisis visual pada film tersebut. Adapun hasil penilitan dari analisis yang dilakukan, Film tersebut cukup jelas menggambarkan permasalahan sosial yang berkembang di masyarakat dengan situasi kehidupan perkotaan yang kompleks yang dekat dengan kalangan anak jalanan. Kehadiran film tersebut mengindasikan negara yang belum mampu mengupayakan solusi terbaik dalam mensejahterakan kehidupan sosial di masyarakat. Dan hal tersebut menjadi poin utama dalam film yang juga mendasari hadirnya film tersebut sebagai bentuk pesan dan kritik dengan film sebagai media visual dalam mengangkat isu penting.


Full Text:

PDF

References


Faiqoh. (2012). PELAYANAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN PADA KOMUNITAS ANAK JALANAN KOTA MEDAN. Edukasi .60-75

Hasbiansyah, O. (2005). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan komunikasi. MediaTor, 163-180.

Putri, G. R., Wijayanto, C. S., & Iswari, F. (2023). REPRESENTASI BUDAYA DIGITAL PADA IKLAN TELEVISI ”HILO TEEN”. VISUAL HERITAGE, 244-255.

Raharjo, K. M. (2018). PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN SEBAGAI UPAYA PENYADARAN BELAJAR MELALUI PENDIDIKAN KESETARAAN DI KOTA SAMARINDA. Jurnal Pendidikan Nonformal, 63-68.

Yuniarti, N. (2012). EKSPLOITASI ANAK JALANAN SEBAGAI PENGAMEN DAN PENGEMIS DI TERMINAL TIDAR OLEH KELUARGA. Komunitas, 210-217.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.