Analisis Citra Dalam Iklan Glow & Lovely Bodywash “Bye Belang, Halo Glowing” Terhadap Pandang Perempuan

Khorima Dewi Safira Wardana, Nur Hafifah Oktavia, Nurul Isma Amalia Putri, Ryllian Dwi Megaputri

Abstract


Periklanan adalah bentuk komunikasi khusus yang memenuhi fungsi pemasaran. Peran
iklan tidak hanya memberikan informasi kepada khalayak, tetapi yang lebih penting lagi, ia harus mampu membujuk khalayak untuk bertindak sesuai dengan strategi pemasaran guna memperoleh keuntungan. Menurut Jacob dkk. (2018: 989), daya Tarik iklan merupakan pesan-pesan yang disampaikan dan dapat disajikan dengan gaya penyampaian yang berbeda beda yakni dengan menampilkan cuplikan kehidupan individual atau kelompok, gaya hidup individu, fantasi tentang produk, suasana hati atau seputar citra produk, sebuah music untuk menghidupkan pesan, symbol kehidupan yang menciptakan karakter yang mempersonifikan produk, menunjukan keahlian dan pengalaman suatu perusanaan dalam menghasilkan sebuah produk , bukti keunggulan produk, bukti kesaksian orang-orang terkenal sehingga sebuah iklan memiliki daya Tarik dapat menumbuhkan citra. Salah satu contoh periklanan yang memiliki daya tari dalam mempromosikan produknya yakni iklan Glow & Lovely Bodywash: Bye Belang, Halo Glowing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menganalisis iklan Glow & Lovely Bodywash: Bye Belang, Halo Glowing dengan teroti The Gaze yang berfokuskan kepada teori Female Gaze.Hasil dari penelitian adalah terbentuknya citra kecantikan yang ditampilkan adalah kecantikan ideal yang ditampilkan di media massa pada umumnya yang memberikan sebuah stigma dalam masyarakat, yang dimana walaupun perempuan memiliki wajah cantik dan tubuh yang proporsional tetapi jika memiliki kulit belang dan kusam maka perempuan belum bisa dikatakan sempurna
dan ideal.


Full Text:

PDF

References


Pulih . (2020). Body Image Pada Remaja Perempuan. Diakses Dari https://yayasanpulih.org

Basuki, A. (2015). Makna Warna. Makna Warna Dalam Desain, 20-25.

Education, I. (2021, Januari 15). MEMAHAMI ELEMEN DALAM DESAIN. Retrieved from International Design School: https://idseducation.com/memahami-elemen-desain/

Jacob, A, A., Lapian, J. & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa FEB UNSRAT. Jurnal EMBA, 6 (2), 989-997.

Pulih . (2020). Body Image Pada Remaja Perempuan. Diakses Dari https://yayasanpulih.org

Putri, A. P. (2014). Representasi citra perempuan dalam iklan shampoo Tresemme Keratin Smooth di majalah Femina. E-Journal Ilmu Komunikasi, 2(2), 104-115.

Wardani, W.G.W. (2020). Makna Pandangan Atau Tatapan (The Gaze) Dalam Budaya Visual. Diakses Dari http://arti-kata.blogspot.com/2020/04/makna-pandangan-gaze-dalam- budaya-visual.html

Yunitasari, F. (2012). Teori Desain Grafis. Memahami Elemen Desain , 6-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.