Hiperrealitas Bentuk Produk dalam Iklan TVC Better versi Bigger Better Sandwich Biscuit Vanila Cream

Muhammad Maulana Kurniawan, Anggun Ris Susanti, Bayu Gito Prasetyo

Abstract


Hiperrealitas adalah suatu konsep yang sering ditemui dalam iklan TVC (Televisi Commercial) modern, di mana produk dipresentasikan dalam bentuk yang sangat ideal dan melebih-lebihkan dari realitas. Salah satu contoh yang menarik adalah iklan Better versi Bigger Better Sandwich Biscuit Vanila Cream. Dalam iklan tersebut, beberapa elemen hiperrealitas dapat terlihat dengan jelas. Dalam upaya untuk menarik perhatian konsumen dan menciptakan daya tarik yang kuat, iklan ini mungkin menggunakan berbagai strategi yang melebih-lebihkan produk tersebut. Salah satunyaadalah penggunaan ukuran yang melebih-lebihkan, di mana produk terlihat lebih besar dan lebih mengesankan daripada yang sebenarnya. Dengan menampilkan produk dalam ukuran yang luar biasa, iklan ini bertujuan untuk menggugah selera konsumen dan menciptakan kesan bahwa produk tersebut lebih baik daripada yang ada di pasaran. Iklan dapat mempengaruhi perilaku konsumen, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan. Menurut Kasali (1992:21), iklan adalah pesan yang menawarkan pada suatu produk untuk ditujukan kepada khalayak melalui media agar membedakan dengan pengumuman, iklan juga diarahkan untuk mengajak orang agar mau membeli.Serta Iklan juga memiliki kekuatan dalam bentuk komunikasi agar dapat mempengaruhi calon pembeli agar mudah percaya terhadap produk atau barang yang diperjual-belikan.


Full Text:

PDF

References


Danesi, Marcel (2012). Pesan, Tanda, dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Iskandar, S. (2017). Analisis Iklan: Teori, Metode, dan Aplikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen Periklanan Konsep dan aplikasinya Di Indonesia. Jakarta:

Pustaka Utama Grafiti

Kotler, Philip. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara

Safitri, N., & Pramono, R. (2020). Analisis Isi Iklan dalam Menciptakan Simulasi Hiperreal: Studi

Kasus pada Iklan Produk Makanan di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Teknologi Komputer

Pranowo, A. (2019). Analisis Simulasi-Simulakra dalam Iklan Kontemporer. Jurnal Komunikasi

Visual


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.