Persepsi Citra Dibalik Uniknya Iklan Televisi Minuman Good Mood 2017

Mohamad dodi Noviansyah, yolanda Widyasari, Fitri Dwiyanti

Abstract


“Ubah mood-mu, ubah duniamu” merupakan tagline yang telah melekat pada produk
minuman Good Mood. Minuman dengan varian rasa buah yang diproduksi oleh perusahaan Suntory Indonesia dengan menggunakan teknologi Hydro Fruit Taste sehingga menghasilkan paduan yang nikmat dan pas dari air segar, rasa buah alami, dan vitamin C & B3. Artikel ini akan berisikan hasil analisis berupa deskripsi citra apa yang terdapat dalam iklan televisi Good Mood dan penjelasan target khalayak yang dituju pada iklan secara lebih spesifik. Analisis ini bertujuan merepresentasikan citra apa yang disampaikan pada iklan televisi Good Mood yang terbilang unik dan kreatif dengan merancang dua iklan berbeda yaitu “The Bad Choice” dan “The Good Choice” yang memiliki alur cerita saling berkesinambungan yang menarik perhatian khalayak dan membangun citra bahwa dengan meminum Good Mood dapat meningkatkan mood dan berdampak besar pada kehidupan diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Adapun metode yang digunakan pada artikel ini adalah metode kualitatif deskriptif yang menjelaskan fenomena secara detail melalui kata-kata deskriptif berlandaskan pada data yang dikumpulkan melalui studi literatur dan jugaobservasi pada iklan yang dibangun dengan persepsi (simulacra dan simulasi). Tujuan digunakannya metode ini untuk memberikan persepsi kepada pembaca melalui kata-kata bersifat deskriptif karena adanya citra yang disampaikan pada iklan Good Mood.


Full Text:

PDF

References


Johnson, A., Smith, B., & Anderson, C. (2022). The Impact of Mood on Daily Life: A Study on

Subjective Well-being and Interpersonal Relationships. Journal of Positive Psychology,

(3), 123-145.

Rosyadi, A. (2018). Pengaruh Iklan Televisi dan Persepsi Konsumen terhadap Citra Merek Teh

Botol Sosro. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 15(1), 66-74.

Smith, B. (2018). Generalizability in qualitative research: Misunderstandings, opportunities and

recommendations for the sport and exercise sciences. Qualitative research in sport,

exercise and health, 10(1), 137-149.

Umarela, F. H., Dwityas, N. A., & Zahra, D. R. (2020). Representasi ideologi supremasi kulit putih

dalam iklan televisi. ProTVF, 4(1), 64-84.

Yahya, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas, Sikap Pada Iklan Tv Dan Brand Image Terhadap

Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen Mie Instan Merek Indomie Di Kota

Pontianak). Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 8(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.