Representasi budaya digital pada iklan sosial media Instagram plossa

Eleonora Delicia

Abstract


Dalam era digital yang semakin berkembang, media sosial menjadi platform yang penting dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Instagram, sebagai salah satu media sosial yang populer, digunakan secara luas oleh merek-merek untuk mempromosikan produk dan membangun identitas merek mereka. Salah satunya produk Plossa yang merupakan minyak angin dengan aromaterapi yang berguna untuk meredakan berbagai gejala masuk angin, seperti pusing, mual, dan perut kembung, serta pegal-pegal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan sosial media "Plossa" yang menyoroti representasi budaya digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan sosial media "Plossa" yang menyoroti representasi budaya digital. Melalui metode penelitian kualitatif dengan analisis konten yang deskriptif, kami mengamati iklan "Plossa" di Instagram untuk memahami bagaimana merek ini merepresentasikan budaya digital dalam strategi pemasaran mereka. Penelitian ini melibatkan pengamatan mendalam terhadap elemen-elemen iklan seperti gambar, teks, dan gaya bahasa yang digunakan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memberikan hasil yang dapat menjelaskan karakteristik yang terdapat dalam salah satu postingan Instagram "Plossa". Metode ini memfokuskan pada persepsi melalui elemen visual seperti tulisan, gambar, dan ilustrasi yang digunakan dalam iklan, dengan tujuan membentuk citra yang kuat terkait dengan iklan sosial media Instagram ini. Dengan memahami representasi budaya digital dalam strategi pemasaran "Plossa", penelitian ini dapat memberikan wawasan penting bagi merek lain yang ingin menggunakan media sosial sebagai platform komunikasi dengan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship.

Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210-230.

Malhotra, N. K., & Birks, D. F. (2007). Marketing research: An applied approach. Pearson

Education.

Info Bisnis.com. 24 November 2021. Pahami Budaya Digital pada Remaja Indonesia.diakses. 12

Juni 2023, dari https://infobisnis.id/2021/11/24/pahami-budaya-digital-pada-remaja-

indonesia/

McQuail, (2011):148. Teori komunikasi massa : suatu pengantar /Denis McQuail, Jakarta (ID) :

Erlangga, 1994

Cnbc Indonesia com. 8 Febuari 2022. Sedih enggak? kecepatan Internet RI paling lambat.

Diakses pada 5 Juni 2023, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220208080558-37-

/sedih-enggak-kecepatan-internet-ri-paling-lambat-di-asean.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.