Citra Spear fisher Dalam Video Vlog AquaticApes “Speared Giant Fish & Shared with Local Islander (Bali)” (2023)

Wisnu Wisnu, Wais Wais, Adinda Nurseha, Apriansyah Apriansyah

Abstract


Komunikasi sudahlah tidak bisa dihalangi oleh jarak. Dengan menggunakan internet,
informasi yang berada di luar kota dan bahkan negara pun sudah dapat diakses dengan
mudah. Vlog, yang juga dikenal sebagai video blog atau video log adalah sebuah konten
media kreatif yang menceritakan tentang pengalaman dan opini seseorang Salah satu cara untuk mengakses video vlog adalah dengan menggunakan media sosial Youtube. Aquatic Apes adalah seorang spearfisher Youtuber asal NYC, yang saat ini sedang tinggal di Bali. Metode penelitian : menggunakan metode kualitatif dengan teori simulacra, simulasi, dan juga citra. Hasil dan pembahasan : Analisis video vlog AquaApes menggunakan teori simulaasi-simulakra dan citra, untuk menunjukkan citra dalam video vlog. Citra yang diciptakan bervariasi berdasarkan background profile penonton masing-masing.

Kesimpulan : Video Aquatic Apes memberikan simulasi seakan penonton berada langsung di sana. Ditambah lagi dengan sudut pandang kamera Point of View yang membantu
penonton mendapatkan simulakra atau tanda-tanda dengan mudah. Mempermudah
penonton atau konsumen untuk mengalami simulasi, semakin mudah pula bagi mereka
untuk menggambarkan citra.


Full Text:

PDF

References


Bestari, Novina Putri. (2022). 76,8% warga ri sudah pakai internet, tapi banyak pr-nya.

www.cnbcindonesia.com/tech/20220120142249-37-309046/768-warga-ri-sudah-pakai-

internet-tapi-banyak-pr-nya.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap

pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas

sam ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).

Ekoanindiyo, F. A. (2011). Pemodelan Sistem Antrian Dengan Menggunakan Simulasi. Dinamika Teknik

Industri.

Pamuji, D. D., Yulianto, E., & Kusumawati, A. (2020). Travel Vlog Dalam Menciptakan Dan Mempromosikan

Destination Image. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 53-60.

Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In

SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp.

-265).

Samtrimandasari, E. N. A. (2023). ANALISIS ANGLE KAMERA POINT OF VIEW (POV) DALAM

MEMBANGUN PENCERITAAN TERBATAS PADA FILM “SEARCHING”. Sense: Journal of Film

and Television Studies, 6(1), 13-24.

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard dalam Dunia Komunikasi

Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247-260.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia,

(2), 57-65.

Sunandar, H. (2017). Perbaikan kualitas Citra Menggunakan Metode Gaussian Filter. MEANS

(Media Informasi Analisa dan Sistem), 19-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.