Kajian Hiperrealitas Visual Meme Santai Dulu Gak Sih Sebagai Media Ungkapan Ekpresi Perasaan Santai

Fira Salsabila, Fepriana Citra Sekar Ramadhani, Nabil Achmad Syahriza, Mella Nur Aisya, Zidane Fadhil Algamar

Abstract


Kehadiran meme menjadi sebuah bentuk kemajuan dalam mengembangkan cara
berkomunikasi dan berekspresi seseorang. Meme “Santai Dulu Gak Sih?” awalnya
diketahui sebagai sebuah meme yang populer pada awal tahun 2022. Meme “Santai Dulu
Gak Sih?” berfungsi sebagai sarana penyampaian perilaku dan perasaan seseorang ketika
mereka dihadapkan oleh sebuah situasi yang serius, tegang, dan tidak santai. Pengertian
meme tersendiri dalam arti yang luas adalah sebagai media penyampaian ide, gagasan,
perasaan, dan perilaku manusia. Meme memiliki bentuk yang bervariasi seperti gambar,
hyperlink, video, animasi, website, dan dalam bentuk format lainnya. Melalui teori
hiperrealitas diketahui meme ini menggabungkan karakter fiksi brokoli dengan seorang
rapper atau gangster pada kebudayaan milik negara Amerika Serikat. Penempatan
karakter fiksi berupa sayur brokoli dengan berpenampilan layaknya seorang manusia
dengan pose santai, diperkuat oleh citra visual seperti aksesoris kalung dan jam tangan
memberikan kesan pengekspresian diri seseorang dalam kondisi “santai” dan “tenang”.
Meme “Santai Dulu Gak Sih” pada dasarnya adalah meme dengan humor (ekspresi atau
perasaan).


Full Text:

PDF

References


Achmad, Nabil. (2023), Meme “Santai dulu gak sih?”. Jakarta

https://id.pinterest.com/pin/1013169247400200613/ (diakses pada 20 Juni 2023)

Achmad, Nabil. (2023), Karakter Brokoli. Jakarta

https://id.pinterest.com/. (diakses pada 20 Juni 2023)

Achmad, Nabil. (2023), Bentuk Fungsional Meme. Jakarta

https://www.idnwow.com/2023/02/kumpulan-meme-santai-dulu-gak-sih-viral.html

(diakses pada 20 Juni 2023)

Dawkins, Richard. 2006. The Selfish Gene, Oxford University Press, New York

Luthfi, A. (25 Februari 2015). Asal Usul Fenomena MemeInternet. Okezone.com.

http://techno.okezone.com/read/2015/02/24/207/1110093/asal-usul-fenomena-

meme-internet, diakses 6 Juli 2023

Juditha, C. (2015). Meme di media sosial: Analisis semiotik meme haji lulung. Jurnal

Pekommas, 18(2), 105-116.

Piliang YA, Adlin A. Hipersemiotika: tafsir cultural studies atas matinya makna. Jalasutra;

Sosial Media Youtube: @SilenceMan. (2023, Feb 28 ). Meme Santai Dulu Gak Sih Itu Apa.

Diakses 8 Juli 2025 melalui https://youtu.be/rRYZx64WKxU

Utoyo Bambang. 2001. Perkembangan pemikiran Jean Baudrillard: dari realitas ke simulakrum

(FIB-UI). https://lib.ui.ac.id/detail?id=72774&lokasi=lokal. (Diakses 6 juli 2023)

Widi, Shilvina. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Data

Indonesia.id. Diakses 23 Juli 2025 dari https://dataindonesia.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.