Mitos Kesegaran pada Iklan Sprite Lemon Lime versi Nyatanya Nyegerin Gerah

Daffa Ramadhan, Dandy Agres Vasha, Difa Adrian Hersondy, Iqbal Mukhayat Firdaus, Muhammad Faisal Hariyanto

Abstract


Pengiklanan merupakan sebuah aspek visual yang mampu menyampaikan pesan dengan baik, Maksud dari penyelidikan ini adalah untuk mengetahui makna harfiah, makna tersembunyi, dan usaha mencari mitos yang terdapat pada pengiklanan minuman ringan, Sprite Lemon Lime. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang digunakan karena beberapa pertimbangan yaitu bersifat fleksibel dari pengiklanan Sprite Lemon Lime. Metode analisis yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes, dimana terdapat unsur penanda dan petanda dalam setiap kajian yang dilakukan. Potongan adegan pengiklanan Sprite Lemon Lime ditampilkan secara berurutan berdasarkan pengiklanan yang telah ditayangkan di media elektronik. Kemudian potongan
adegan pengiklanan tersebut akan dijelaskan secara rinci melalui proses analisis dalam penelitian ini untuk mencari makna harfiah, makna tersembunyi, dan mitos. Temuan utama dari penelitian ini antara lain: Dalam tingkatan makna harfiah, makna-makna denotasi yang ditemukan pada keenam adegan pengiklanan Sprite Lemon Lime yang diteliti dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai lokasi yang berbeda. Akan tetapi, secara makna tersembunyi, pengiklanan ini menggambarkan bahwa dengan meminum Sprite di cuaca yang panas, terik dan membuat tubuh gerah dapat menghilangkan dehidrasi yang membuat tubuh dapat kembali menjalankan aktivitas di luar maupun di dalam ruangan dapat mengurangi rasa tidak nyaman tubuh akibat paparan sinar matahari, yang diyakini sebagai sebuah kepercayaan bahwa dalam norma sosial sesuatu dengan representasi yang sejuk dan didukung dengan unsur air diyakini dapat mengurangi sensasi panas dalam tubuh. Pengiklanan ini merepresentasikan mitos bahwa Sprite Lemon Lime sudah cukup untuk menyegarkan diri di cuaca yang panas. Lalu terdapat kata "No BokiS" pada adegan keenam yang memiliki arti "Tidak Bohong".


Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2003). Analisis data Penelitian Kualitatif. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. Diambil

dari: https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=1750

Haryadi, T. (2016). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo” dengan

Pendekatan Semiotika Roland Barthes. Jadecs: Journal of Art, Design, Art Education &

Culture Studies, Vol. 1, No. 1 . Semarang: Universitas Dian Nuswantoro. Diambil dari:

http://journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/viewFile/182/148

Legasari, V.E., dkk. (2013). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser

Terhadap Efektivitas Iklan dan Sikap Konsumen pada Sabun Pemutih Wajah Merek Oil of

Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Vol. 21, No. 3, hal 1-15. Pekanbaru: Universitas

Riau. Diambil dari: https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/1740

Novitasari, D. (2018). Analisis Mitos Gaya Hidup Dalam Iklan Ada Aqua Versi Selfie. Mediakom :

Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2, No. 2. Sumatera Selatan: Universitas Baturaja. Diambil dari:

https://fikom.gunadarma.ac.id/mediakom/index.php/mediakom/article/view/18/17

Pratiwi, T. P., dkk. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea. e-

Proceeding of Management, Vol. 2, No. 3, hal. 4329. Diambil dari:

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/vie

w/2456

Prihatiningsih, W. (2016). Analisis Semiotika Terhadap Iklan Sprite Edisi Mitos Vs Kenyataan di

Televisi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional

“Veteran” Jakarta. Diambil dari:

https://journal.ubm.ac.id/index.php/semiotika/article/download/952/843

Sulistiyawati, P. (2016). Analisis Semiotika Makna Pesan pada Iklan Axis Versi “Iritologi - Menatap

Masa Depan”. Jurnal Andharupa, Vol.02, No.01. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Diambil dari: https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/acintya/article/view/3939

Tamara, J. (2020). Kajian Semiottika Roland Barthes pada Poster Unicef. Jurnal of Education,

Humaniora and Social Sciences (JEHSS), Vol. 3, No. 2, hal. 726-733. Diambil dari :

https://sastra.uisu.ac.id/books/poster-unicef-dalam-perspektif-semiotika-roland-barthes/

Triadi, D. & Bharata, A.S. (2010). Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori dan Praktek Iklan Media Lini

Bawah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Diambil dari:

https://opac.isi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=36161


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.