Analisis Teori Female Gaze Pada Poster Wardah Fruity Sheer Lip Balm

Delva Indriantari, Tiara Septyani, Elita Putri Arensri Apriani, Nadila Dwi Azizah, Muhammad Zidan Nauffal

Abstract


Media sosial menjadi salah satu alat untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah
produk yang dikeluarkan oleh suatu pelaku usaha. Salah satu manfaat dari media sosial
khususnya pada Instagram yaitu menjadi alat pemasaran dalam promosi iklan dari pelaku
usaha yang mengeluarkan sebuah produk yang dijual, tujuan dipromosikan agar dapat
dikenal masyarakat luas dengan mengunggah sebuah poster yang menjelaskan produk
yang dijual tersebut agar dapat menarik perhatian khalayak luas. Poster promosi iklan
produk Wardah kosmetik di Instagram yang menujukan produk lip balm mereka dengan
judul “Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm”. Produk Fruity Sheer Lip Balm di rilis sekitar tahun 2018 dan di promosikan di Instagram dengan membuat berbentuk poster. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menganalisis poster Fruity Sheer Lip Balm dengan teori The Gaze yang berfokus pada teori Female Gaze. Hasil dari penenelitian adalah terbentuk persepsi visual pada iklan poster tersebut yaitu dapat menjadi cara yang positif untuk merepresentasikan perempuan dan kecantikan mereka yang beragam


Full Text:

PDF

References


Wardah. (2021, Juli 27). Rekomendasi Lip Balm Wardah, Make Up Natural Terbaik Untuk

Tampilan Cantik Alami. Diakses dari https://www.wardahbeauty.com

Munari, B. (2016). The Art of Observation. MIT Press.

Mulvey, L. (1975). Visual Pleasure and Narrative Cinema. Jurnal Screen, 16.

Puspitarini, D.S. & Nuraeni, Reni. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi.

Jurnal Common, 3(1), 72.

Long, J. M. (2016). The Use of Visual Elements in Scientific Writing. Journal of Visualized

Experiments, 88.

Pasinringi, Tabayyun. (2021, Juli 14). Female Gaze’ dan cara pandang dunia Lewat lensa

perempuan. Kompas Online. Diakses dari https://magdalene.co

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah

Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Langga, F. H. (2020). Female Gaze pada Film “Lady Bird”. JADECS (Journal of Art, Design, Art

Education & Cultural Studies), 5(1), 8-13.

Khoirina, M. M., & Sisprasodjo, N. R. (2018). Instagram dapat menjadi sarana untuk

memasarkan produk atau jasa. Jurnal Internasional Kewirausahaan dan

Pengembangan Bisnis, 132.

Sari, M. P. (2022). Representasi "The Gaze" dalam Film The Bodyguard. Jurnal Ilmu Komunikasi,

-184.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.