Representasi Budaya Patriarki dalam Iklan Televisi Sariwangi versi #MariBicara

Diana Septiani, Zulkarnaen Zulkarnaen, Aditya Warman

Abstract


Persepsi masnyarakat Indonesia dalam memandang kaum Kaum Wanita dianggap sebagai sebuah Penindasan karena adanya budaya patriarki. Kaum Pria memegang peranan utama dalam masyarakat dan keluarga sehingga memposisikan Kaum Wanita pada subordinat berdasarkan budaya patriarki tersebut. Sehingga persepsi tersebut direpresentasikan pula oleh media massa dalam hal ini diantaranya media iklan. Iklan yang berupaya menampilkan kehidupan sehari-hari masyarakat, dianggap wajar apabila menampilkan budaya patriarki didalamnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. iklan SariWangi versi #MariBicara merupakan iklan yang menjadi objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini antara lain, bagimana representasi budaya patriarki dalam iklan televisi dapat diketahui. Disini budaya patriarki dan teori kelompok bungkam menjadi dasar acuan dari konsep dan teori yang digunakan. Hasil dari penelitian ini anta lain dapat menemukan representasi budaya patriarki dalam iklan SariWangi versi #MariBicara yaitu dalam penokohan, Penggambaran watak, dan peran dari Kaum Pria maupun Kaum Wanita. Termasuk juga gambaran pembungkaman yang ditampilkan dalam iklan ini.


Full Text:

PDF

References


Aina, N. (2017). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.

Administrasi Bisnis, 180-192.

Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi

Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Danesi, M. (2004). Pesan Tanda dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representations dan Signifying Practices.

London: Sage Publications.

Hariyanto, K. (2009). Gender dalam Konstruksi Media. Jurnal Komunikasi, Volume 3

Nomor 2.

Johnson, A. G. (2015). The Gender Knot: Unraveling Our Patriarchal Legacy (Revised and

Updated Edition). Philadelphia: Temple University Press.

Lott, D. M. (1993). The Social Learning of Gender. In A. E. Beal & R. J. Stenberg (Editor),

The Psychology of Gender. New York: Guillford Press.

SariWangi. (2019, Februari 13). SariWangi - Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara

Mendekatkan. Retrieved from YouTube:

https://www.youtube.com/watch?v=yN2aFsgR_vE&t=7s

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT

Alfabet.

Widyatama, R. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

(Kelompok Penerbit Pinus).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.